Sukses

Hati-hati, Jangan Percaya 5 Tips Cari Kerja Ini

Liputan6.com, Jakarta - Demi bisa mempermudah seseorang dalam mencari lowongan dan mendapat pekerjaan yang diinginkan, seringkali banyak tulisan dan artikel yang membahas tentang tips mencari kerja.

Meski hal tersebut secara tidak langsung bisa membantu Anda, bukan berarti semua tips tersebut benar adanya.

Anda harus tetap cermat memilih mana saja tips yang sekiranya benar dan bisa diterapkan.  Jika salah langkah, proses pencarian kerja Anda bisa saja berakhir percuma.

Berikut 5 tips kerja yang sebaiknya tidak Anda percaya melansir Themuse.com, Rabu (29/3/2017)

1. Kemampuan Anda selalu lebih dilihat dari kepribadian

Meski kemampuan seseorang memegang peranan yang penting dalam proses rekrutmen kerja, kepribadian juga faktor yang mendapat perhatian khusus.

Seringkali bahkan, banyak HRD yang lebih memilih menerima calon kandidat yang memiliki kemampuan tak terlalu menonjol tapi kepribadiannya sangat baik.

2. Lamar semua lowongan kerja yang ada

Tips ini juga sebaiknya tidak Anda percaya. Diluar sana memang banyak lowongan pekerjaan yang bisa Anda coba, tapi bukan berarti Anda harus mengirim lamaran ke semuanya. Anda harus menyesuaikan lowongan pekerjaan dengan kemampuan yang Anda miliki terlebih dahulu.

3. Tidak memperluas koneksi

Koneksi merupakan hal penting dalam dunia kerja. Mereka yang bisa mendapat kemajuan karier seringkali berasal dari luasnya koneksi yang mereka miliki. Sebaiknya, Anda tetap mempertahankan koneksi yang dimiliki saat sedang mencari pekerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengirim satu CV ke semua jenis pekerjaan

4. Mengirim satu CV ke semua jenis pekerjaan

Untuk menghemat waktu, banyak orang yang memilih untuk mengirim satu CV ke semua jenis lowongan yang ada. Meski tidak salah, tapi hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan.

Setiap pekerjaan memiliki kriteria khusus akan calon pegawai yang ingin mereka terima. Oleh karenanya, Anda harus menyesuaikan hal tersebut dengan menampilkannya pada CV yang dikirimkan.

5. Tidak negosiasi

Dalam proses wawancara kerja, Anda harus melakukan negosiasi untuk mendapat gaji dan fasilitas yang sesuai. Jangan takut untuk menyatakan apa yang Anda inginkan.

Selama Anda memiliki kapabilitas dan kemampuan yang baik, pihak perusahaan pun akan mempertimbangkan keinginan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini