Sukses

6 Tips Mulai Bisnis bagi Pengusaha Muda

Meningkatkan keterampilan, menganalisis strategi adalah salah satu kesuksesan dari seorang pengusaha muda.

Liputan6.com, Jakarta - Kini perusahaan startup sedang naik daun. Para orang muda pun memilih membuka bisnis sendiri ketimbang menjadi karyawan.

Kelihatan tampak mudah membuka bisnis. Namun kenyataan tak seperti itu. Menjalani bisnis membutuhkan kesabaran dan kematangan berencana.

Pengusaha muda pun perlu belajar berinvestasi di tempat benar dan tepat. Apalagi ada sejumlah perusahaan startup gagal untuk mempertahankan kesuksesaannya.

Berikut sejumlah strategi untuk menjalankan bisnis ke tingkat lebih tinggi, seperti dikutip dari business.com:

1. Tetap tingkatkan kemampuan dan kepercayaan diri

Bagi pengusaha akan menemui banyak saran dan ide. Ini dapat menimbulkan pertanyaan bagaimana penempatan strategi yang tepat.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kebingungan tersebut, coba untuk mengambil waktu dan mempertimbangkan hal, antara lain melihat pandangan kita yang terkuat, mengerti ideologi perusahaan, dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Saat masukan menjadi masalah, coba sortir dan apa yang paling penting bagi perusahaan Anda. Menghindari saran atau strategi juga tidak dapat dibiarkan.

2. Menganalisis

Coba riset apa yang sedang marak dan disukai di pasar. Kemudian setelah menganalisis coba untuk membuat sesuatu yang lebih baik dari yang ada. Pengusaha muda biasanya memiliki data dan informasi lebih baik untuk dianalisis. Buat sebuah merek dan hal yang berasal dari implementasi strategi yang dibuat berdasarkan data.

Untuk mengerti pasar coba mulai observasi kesuksesan para pengusaha muda lainnya, membangun jaringan dengan profesional sukses untuk belajar dan tumbuh sebagai pengusaha. Kemudian melakukan survei dan memberikan feed back apa yang dibutuhkan pasar.

3. Tetap belajar untuk sukses

Jangan menikmati awal kesuksesan terlalu lama. Coba mulai melihat rencana sebelumnya dan apa yang akan dilakukan di masa depan. Ini untuk maju ke fase berikutnya.

Langkah berikutnya yang akan diambil mungkin bisa dengan menciptakan layanan, mulai berkembang dengan merekrut pegawai, sehingga meningkatkan produktivitas, memberikan segmen lebih luas untuk menyediakan beragam layanan.

Atau mulai kembali investasi dari pendapatan yang menguntungkan. Analisis apa yang membuat bisnis meraih kesuksesan pada awal memulainya dan pikirkan strategi baru untuk memperkuat basis pasar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pimpin Tim

4. Buka kesempatan pinjaman bank

Bisnis makin berkembang mungkin membuat pengusaha muda untuk ekspansi. Untuk ekspansi itu membutuhkan modal besar. Bagi pengusaha muda dapat meminjam dari bank. Pinjaman ini dapat digunakan untuk ekspansi bisnis.

Untuk mengambil pinjaman bank itu, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan antara lain riset. Dengan mengetahui kondisi pasar dan berapa biaya untuk merealisasikan ide bisnis dapat menjadi panduan. Ini bukan hanya sebagai negosiasi untuk dapat pinjaman dari bank, tetapi juga kesempatan mempresentasikan bisnis secara profesional.

Kemudian Anda sebaiknya mengetahui apa yang dibutuhkan. Ini agar hal yang dibutuhkan sesuai rencana bisnis. Kemudian tahu rencana dan bisnis Anda ke depan. Dengan menyampaikan ide lewat rencana bisnis bisa memberikan kesan baik kepada bank. Anda juga mulai melatih kemampuan untuk memilih. Mulai melihat dan pertimbangkan hal yang sesuai dengan ide bisnis. Tak kalah penting yaitu siapkan strategi lain bila belum dapat pinjaman bank.

5. Pimpin tim

Pengusaha muda juga harus memotivasi karyawan dan memberikan bantuan setiap saat. Bagi setiap pengusaha muda bercita-cita untuk menjadi pemimpin perlu untuk punya kejujuran, dedikasi, dapat berkomunikasi baik dan efektif, memberikan inspirasi dan kepercayaan diri, positif.

Dengan seorang pengusaha yang memberi inspirasi dapat mendorong produktivitas karyawan. Selain itu, penting bagi tim untuk menghormati pemimpin.

6. Punya langkah efektif

Salah satu tujuan bisnis apa pun yaitu menuai keuntungan. Coba memulai bisnis dengan sikap benar dan menguntungkan. Meski banyak gangguan yang tidak dapat dihindari, coba untuk menghadapinya.

Bagi pengusaha muda untuk memulai bisnis perlu bertekun, punya pola pikir positif dan dapat membuat hasil menguntungkan dengan yang dikerjakannya. (Dian Ayu)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.