Sukses

Pertamina EP Tingkatkan Produksi Minyak Lapangan Jatibarang

Peningkatan produksi minyak tersebut merupakan buah dari usaha perbaikan sumur dengan memindahkan lapisan.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina EP meningkatkan produksi minyak dari lapangan lepas pantai Jatibarang, Indramayu Jawa Barat. Peningkatan produksi tersebut merupakan buah dari usaha perbaikan sumur dengan memindahkan lapisan.

Jatibarang Field Manager Herman Rachmadi ‎mengatakan, perbaikan sumur atau Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL) dilakukan pada Sumur XA 09 di lapangan lepas pantai Platform XRay, yang sebelumnya telah berproduksi  dioperasikan oleh Pertamina EP Jatibarang Field.

"Sumur XA-09 merupakan sumur existing, di mana pekerjaan yang dilakukan adalah reparasi sumur pindah lapisan dari existing Lapisan X-35 dan Lapisan X-32 (commingle) ke lapisan X-26 (single completion)," kata Herman, di Jakarta, Senin (27/3/2017).

Pelaksana tugas harian President Director PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengungkapkan, produksi terakhir sumur XA-09 lapisan X-35 dan X-32 per tanggal 3 Februari 2017, tercatat sebesar 87 Barel Oil Per Day (BOPD), produksi tersebut secara bertahap meningkat.

"Dengan menggunakan metode Electronic Submersible Pump (ESP), produksi minyak tersebut bertahap mengalami peningkatan," ucap Nanang.

Setelah dilakukan reparasi sumur, dengan pindah lapisan ke X-26, tercatat pada 22 Maret 2016 produksi XA-09 meningkat  stabil mencapai 2011 BOPD, kemudian per  27 Maret 2017 produksi minyak XA09 kembali meningkat mencapai 2532 BOPD.
‎
"Kami selaku manajemen PT Pertamina EP mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh rekan - rekan pekerja di Jatibarang Field, yang mampu mengoptimalkan asset yang ada dan berhasil mendapatkan penambahan produksi minyak," dia menandaskan.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini