Sukses

Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Peluang Bisnis yang Layak Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat para lulusan baru sering merasa kesulitan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Bukan hanya saingan yang banyak, beberapa perusahaan pun seringkali mematok kriteria yang terlampau tinggi bagi para kandidat karyawan. Kalau sudah begini, tidak semua orang pun bisa melamar di lowongan yang ada di pasaran.

Agar bisa menanggulangi hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Mencoba untuk membuka usaha bisa dijadikan solusi alternatifnya.

Berikut adalah ide peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh fresh graduate melansir entrepreneur.com, Selasa (28/3/2017):

1. Konsultan media sosial

Di era teknologi yang semakin canggih ini, media sosial telah banyak dipakai pebisnis sebagai salah satu cara dalam memasarkan produknya. Tapi tak jarang, ada beberapa dari mereka yang memiliki waktu dan kemampuan mumpuni untuk mengurus sosial media ini.

Inilah yang menjadi peluang Anda sebagai seorang konsultan media sosial. Anda bisa membantu pengusaha untuk menentukan strategi, mengatur jadwal, dan membuat konten yang sesuai dengan target pasar yang mereka inginkan.

2. Buka bisnis pakaian

Ide bisnis lain yang tidak membutuhkan modal yang besar adalah bisnis pakaian. Jika Anda suka membuat desain baju kemudian mewujudkannya menjadi sebuah pakaian jadi, hal ini bisa menjadi modal untuk membuka bisnis pakaian.

Pada awalnnya Anda bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk pengembangan usaha, sebaiknya anda juga mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan lini bisnis pakaian Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerajinan tangan

3. Bisnis kerajinan tangan

Selain bisnis pakaian, bisnis kerajinan tangan pun merupakan satu ide usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar.

Banyak contoh produk kerajinan tangan yang bisa Anda coba buat sendiri, setelah itu Anda bisa menjualnya via online atau melalui media sosial.

 

4. Jadi penulis lepas

 

Bagi Anda yang suka menulis, menjadi penulis lepas juga bisa menjadi usaha yang Anda jalankan. Pendapatan yang didapat nantinya bergantung dari seberapa banyak tulisan Anda dimuat dalam sebuah situs atau publikasi. Jangan heran, banyak orang yang sudah mampu meraup penghasilan besar berkat pekerjaan ini.

5. Buka jasa EO

Aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara kegiatan kampus bisa jadi bekal Anda dalam membuka bisnis EO. Anda sudah terbiasa bekerja dengan orang banyak, dikejar deadline, mencari sponsor, dan menangani berbagai hal teknis lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.