Sukses

Awal Mei, Terminal 3 Bandara Soetta Layani Rute Internasional

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi telah meninjau kesiapan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten untuk penerbangan internasional.

Budi Karya mengungkapkan berdasarkan laporan tim yang sudah meninjau beberapa hari lalu, masih ada beberapa hal kecil yang perlu diperbaiki. Namun begitu, Budi mengaku akan segera mengeluarkan izin pengoperasian terminal 3 untuk melayani rute internasional.

"Dari rapat kita sore ini, rencananya kira-kira 15 April kita bisa berikan rekomendasi izin pengoperasian internasional. Setelah itu kita berikan waktu kepada Garuda Indonesia untuk melakukan persiapan," kata Budi Karya di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, Tangerang, Banten, Selasa (28/3/2017).

Dari surat yang diajukan oleh Garuda Indonesia, mereka mengajukan persiapan kurang lebih 2 minggu usai Menhub mengeluarkan izin pengoperasian terminal 3 untuk layani rute internasional.

"Jadi setelah Garuda Indonesia melakukan beberapa persiapan dan penyesuaian, kira-kira 1 Mei akan mulai beroperasi internasional di terminal 3 untuk Garuda Indonesia," tegas Budi Karya.

Sampai saat ini pembangunan terminal 3 sudah mencapai lebih dari 90 persen. Sebelum mengeluarkan izin tersebut, Kemenhub telah melakukan berbagai simulasi, mulai dari kedatangan penumpang, keberangkatan penumpang, imigrasi hingga loading bagasi.

Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang akan menggunakan terminal sebagai penerbangan internasional‎. Secara bertahap, nantinya seluruh penerbangan internasional akan pindah ke terminal 3 pada Juni 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.