Sukses

Cari Harga Rumah yang Wajar Jadi Makin Gampang

Dengan Property Index maka akan memberikan keuntungan kepada pencari hunian.

Liputan6.com, Jakarta Portal properti Rumah.com meluncurkan Property Index pada Rabu ini. Dengan indeks ini maka pencari hunian bisa menemukan referensi harga properti yang wajar.

Country Manager Rumah.com Wasudewan menerangkan, dengan Property Index maka akan memberikan keuntungan kepada pencari hunian. Pasalnya, referensi ini bisa digunakan untuk pengambilan keputusan pembelian hunian.

"Konsumer tahu, timing buyer, kenapa harga turun, dan turunnya cukup jauh. Ketika turun, sementara supply meningkat. Ini yang diuntungkan konsumer," kata dia saat peluncuran Property Index di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Property Index juga akan menguntungkan bagi para pengembang. Dengan adanya data, maka pengembang bisa mengambil keputusan untuk membangun. "Data-data ini penting bagi developer untuk bisa mengambil keputusan ke depan bagaimana," ujar dia.

Begitu juga dengan para agen yang ingin menjual rumah. Menurut dia, Property Index bisa digunakan sebagai acuan harga untuk menjual rumah bekas. "Jadi bukan cuma pengembang, tapi secondary, secondary itu agen," ungkap dia.

Sebagai tambahan, saat ini terdapat 3,4 juta orang yang mengujungi Rumah.com. Mereka mengakses sekitar 17 juta halaman setiap bulan dengan 400 ribu iklan (listing) di seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, Rumah.com yang merupakan portal properti online diluncurkan pada 2007 lalu. Rumah.com menyediakan layanan pencarian ideal untuk menemukan properti.

Pada bulan Maret 2011, Rumah.com diakuisisi oleh PropertyGuru Group, portal website properti terbesar di Asia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini