Sukses

7 Strategi Jitu Buat Jadi Pebisnis yang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjadi pebisnis yang sukses tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh perjuangan keras dan juga sikap kompetitif yang tinggi. 

Namun bukan berarti Anda tak bisa menjadi pebisnis yang sukses. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk mencapai tujuan menjadi seorang pebisnis yang memiliki pencapaian di atas para pebisnis lainnya.

Berikut ini terdapat tujuh tips untuk membangun bisnis seperti dikutip dari Briantracy.com, Senin (3/4/2017):

1. Teliti

Untuk mengembangkan usaha sehingga bisa menjadi besar, seorang pebisnis harus sangat teliti layaknya seorang dokter. Pemilik bisnis harus bisa melihat sebuah penyakit yang membuat bisnis tak bisa berkembang membuat diagnosa dan mengobatinya. 

Seorang pebisnis tidak takut untuk membuat tangannya kotor. Jika menemukan sesuatu yang menghambat bisnis maka pebinis handal akan langsung turun tangan memperbaikinya. Detail adalah kunci dari sebuah bisnis.

2. Memiliki gairah

Setiap pebisnis harus memiliki antusiasme yang tinggi untuk menjual barang atau jasanya. Produk yang telah dicipta harus benar-benar disanyangi sehingga konsumen merasa bahwa ia juga memerlukan produk atau jasa Anda.

Selain itu, seorang pebisnis juga harus memiliki optimisme. Dalam bisnis, ada segala macam masalah. Anda harus mencari situasi yang baik dan mencari pelajaran jika menemukan sesuatu yang tidak beres.

3. Fokus pada konsumen

Tujuan dari bisnis tidak untuk membuat keuntungan, tetapi untuk mencari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan tersebut. Anda ingin mereka datang pertama kali dan kemudian datang lagi dan akhirnya membawa teman-teman mereka.

Bagaimana membuat hal tersebut menjadi kenyataan adalah tugas utama Anda. Untuk bisa membuat kepuasan pelanggan, Anda harus mendengarkan pelanggan dan terlibat dalam sesuatu hal yang pernah mereka beli.

4. Kompetitif 

Kecuali Anda memonopoli sebuah produk atau jasa, maka Anda jarus bisa berkompetisi dengan pebisnis lain. Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang baru dan benar-benar menarik perhatian dari pelanggan jika dibandingkan dengan saingan bisnis Anda. 

Oleh karena itu, diferensiasi dalam persaingan sangatlah penting. tidak bisa menjadi pebisnis yang handal jika hanya menjadi plagiator dengan meniru orang lain.

 

5. Jadilah yang terbaik

Pemilik bisnis yang sukses selalu berusaha untuk menjadi yang paling unggul atau terdepan. Mereka ingin menjadi yang terbaik pada apa yang mereka lakukan.

Menjadi yang terbaik adalah tentang melakukan sebuah gerakan konstan, bekerja lebih keras dan lebih cepat. Menjadi yang terbaik juga tentang keinginan untuk belajar. 

6. Mengukur kesuksesan

Setiap orang mendefinisikan kesuksesan berbeda. Ukuran terbaik dalam keberhasilan yaitu Anda harus menikmati apa yang Anda lakukan. Itu adalah sukses besar. Selanjutnya, Anda perlu secara konsisten pada niat awal Anda, itu menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan. (Dian Ayu/Gdn)

Artikel Selanjutnya
Kisah Bos Spotify, Drop Out Kuliah Tapi Sukses Jadi Pebisnis
Artikel Selanjutnya
4 Hal Ini Bikin Generasi Milenial Sulit Siapkan Dana Pensiun