Sukses

Pembangkit Muara Karang Gangguan, Listrik Jakarta Sempat Padam

PLN menyatakan telah terjadi gangguan ‎pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Muara Karang Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyatakan telah terjadi gangguan ‎pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Muara Karang Jakarta, membuat pasokan listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang sempat mengalami pemadaman.

Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Disjaya Aries Dwianto mengatakan,‎ seluruh pasokan listrik ke wilayah Jakarta dan sebagian Tangerang yang sempat mengalami pemadaman listrik, telah kembali normal pada pukul 16.20 WIB pasca terjadi gangguan di pembangkit Muara Karang pada pukul 14.39 WIB.

"Sejak pukul 16.20 WIB pasokan listrik kembali normal," kata Aries, di Jakarta, Kamis (30/3/2‎017).

Menurut Aries, PLN telah mengambil langkah cepat untuk memulihkan kondisi kelistrikan Jakarta, yaitu dengan cara mengalihkan beban listrik (manuver) jaringan baik 150 kV maupun 20 kV ke jaringan lain yang bebannya tidak tinggi.

Berbarengan dengan pemulihan di Unit Pembangkit Muara Karang, PLN memindahkan pasokan beberapa Trafo Gardu Induk Manuver sisi 150 kV. Manuver juga dilakukan di sisi 20 kV memindahkan pasokan listrik ke penyulang lain baik penyulang cadangan (back up feeder) maupun penyulang lain yang berbeban ringan.

Hal ini terbukti mempercepat penormalan dan meminimalisir dampak pemadaman. Seperti diketahui bahwa kelistrikan di Jakarta dipasok dari beberapa pembangkit dan sudah terhubung secara interkoneksi Jawa Bali.

"Sub sistem 150 kV dan Jaringan Distribusi 20 kV pun sudah terinterkoneksi, sehingga apabila terjadi gangguan di salah satu pembangkit dan terjadi pemadaman, listrik secara cepat bisa dialirkan kembali melalui sub sistem atau jaringan yang lain," tutup Aries. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini