Sukses

4 Jurus Kumpulkan Uang untuk DP Rumah

Seringkali, besarnya uang muka (DP) yang harus dibayar terlebih dahulu juga menjadi halangan orang mengurungkan niat membeli rumah

Liputan6.com, Jakarta Rumah merupakan kebutuhan primer semua orang. Tapi nyatanya, demi bisa membeli rumah impian banyak orang yang masih kesulitan untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan.

Seringkali, besarnya uang muka (Down Payment/DP) yang harus dibayar terlebih dahulu juga menjadi halangan orang mengurungkan niat membeli rumah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mengumpulkan uang demi membeli rumah idaman. Disiplin dan mampu mengelola keuangan dengan baik menjadi kunci keberhasilan menabung.

Seperti dikutip moneycrasher.com, Minggu (2/4/2017) berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menabung untuk keperluan uang muka rumah.

1. Tentukan target

Hal ini menjadi satu hal yang sangat penting. Sebelum menabung, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu berapa uang yang ingin dikumpulkan.

Meski sering meleset atau tidak sesuai namun menentukan target dapat membantu Anda untuk dijalur tujuan yakni menabung untuk membeli rumah.

2. Potong pengeluaran

Demi bisa mendapat uang cukup untuk membayar uang muka rumah, maka Anda harus rela untuk memotong pengeluaran sehari-hari.

Uang muka rumah memang tidak sebesar membeli rumah, namun nominalnya tetap besar dan tidak mungkin dalam satu kali bayar. Sebab itu Anda harus menabung dengan perlahan.

3. Bersabar

Beberapa orang menyepelekan kesabaran. Padahal kesabaran merupakan kunci agar bisa mencapai segala sesuatu yang diinginkan.

Ketika ingin membeli rumah dan harus menyiapkan uang mukanya maka lakukan dengan menabung. Walaupun butuh waktu lama, namun percayalah usaha Anda pada akhirnya tidak akan sia-sia.

4. Buat rekening terpisah

Agar tabungan Anda bisa lebih mudah diatur, bisa membuat rekening terpisah yang berbeda dengan rekening yang biasa digunakan

Dengan bantuan seperti itu maka uang tidak akan terpakai, dan Anda tidak akan memikirkan sudah berapa banyak uang yang tersisipkan di rekening tersebut untuk persiapan membayar uang muka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini