Sukses

​3 Cara Tetap Sehat Meski Seharian Duduk di Kantor

Apakah Anda salah satu dari banyak orang yang tidak bisa menghindari duduk saat bekerja dalam waktu yang lama setiap harinya?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang punya pekerjaan yang monoton. Setiap hari kerjanya hanya duduk di kursi dan memerhatikan layar di mana rata-rata mereka menghabiskan setidaknya delapan jam duduk setiap harinya.

Mungkin terlihat tidak melelahkan. Padahal, duduk terlalu lama justru bisa bikin tulang punggung cedera. Selain itu, tubuh yang kurang gerak juga akan membuat aliran darah tak lancar bahkan mungkin bisa menyebabkan penyakit atau umur yang singkat.

Untungnya, banyak orang belajar tentang bahayanya dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari hal tersebut. Cara ini termasuk menggunakan alat-alat di kantor seperti meja dan kursi untuk latihan, atau menggabungkan lebih banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Apakah Anda salah satu dari banyak orang yang tidak bisa menghindari duduk saat bekerja dalam waktu yang lama setiap harinya? Melansir laman luvoinc, Senin i(3/4/2017), coba tips berikut ini untuk tetap aktif saat bekerja:

Ambil waktu untuk peregangan

Sangat penting untuk menjadwalkan gerakan peregangan bagi Anda yang waktu kerjanya hanya duduk di depan komputer selama minimal 8 jam sehari. Luangkan beberapa menit untuk meregangkan badan. Salah satu cara peregangan yang bisa dilakukan dengan menggunakan Teknik Pomodoro.

Teknik ini merupakan teknik dimana kita bekerja selama 25-45 menit dengan konsentrasi penuh, kemudian diikuti dengan 5 menit istirahat.

Teknik Pomodoro membantu Anda bangun dan bergerak secara teratur selama waktu bekerja. Hanya dengan mengatur timer (biasanya ada di ponsel) untuk melakukannya di mana saja setiap 25-45 menit sekali.

Ketika timer berbunyi, ambil waktu lima menit untuk istirahat dan lakukan beberapa latihan, seperti berdiri tegak, push-up atau meregangkan tangan dan badan. Bahkan Anda bisa lakukan dengan hanya berjalan-jalan di sekitar kantor!

Lakukan hal itu setiap hari kerja dan Anda bisa merasakan tubuh lebih fit dan segar untuk beraktifitas lagi.

Mengganti kursi dengan bola fitness

Mengganti kursi di kantor dengan bola fitnes dapat menambah kualitas kesehatan saat bekerja. Duduk seharian tidak diragukan lagi menyebabkan otot tegang, yang dapat menyebabkan rasa sakit atau cedera, sehingga mengganti kursi dengan bola fitnes merupakan ide yang baik.

Duduk di atas bola fitnes memungkinkan Anda untuk selalu bergerak dan dapat meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh saat bekerja. Lemak yang menumpuk bisa menyebabkan kegemukan dan berpotensi mengganggu kesehatan karena kurangnya tubuh bergerak saat duduk di kursi biasa.

Investasikan waktu 2 persen

Berkomitmen untuk berinvestasi selama 30 menit sehari pada diri sendiri atau hanya 2 persen dari hari Anda dan Anda dapat membuat beberapa kemajuan besar menuju tubuh, pikiran dan jiwa yang sehat.

Jangan hanya duduk dalam melakukan sesuatu seperti memesan makanan atau membeli barang. 30 menit waktu istirahat banyak yang bisa dilakukan, misalnya bangun dari kursi dan siapkan sendiri makan siang di kantor atau turun melalui tangga bukan lift ketika ingin membeli sesuatu.

Jadi meski bekerja hanya duduk seharian, Anda tetap bisa sehat dengan melakukan beberapa cara di atas.​ (Dhita/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini