Sukses

Top 3: Donald Trump Masukkan RI dalam Daftar Negara Curang

Indonesia dinilai termasuk di dalam negara yang dinilai mencurangi Amerika Serikat (AS) menjadi artikel paling dicari.

Liputan6.com, Jakarta Pejabat Tinggi Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Presiden Donald Trump akan mengeluarkan dua perintah eksekutif untuk mencari akar masalah penyebab defisit neraca perdagangan negaranya.

Salah satu perintah Trump berupa analisa negara per negara dan produk per produk. Hasilnya akan dilaporkan pada Trump dalam 90 hari. Ternyata, Indonesia dinilai termasuk di dalam negara yang dinilai mencurangi Amerika Serikat (AS).

Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Lengkapnya, simak rangkuman 3 berita paling dicari, Selasa (4/4/2017):

1. Donald Trump Masukkan RI dalam Daftar Negara Curang

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan stafnya untuk mengumumkan negara-negara yang bertanggung jawab atas defisit perdagangan Amerika Serikat (AS) yang mencapai US$ 50 miliar. Negara-negara ini disebutnya sebagai negara yang curang terhadap perdagangan AS. Dalam daftar yang disebutkan, salah satunya adalah Indonesia.

Seperti dilansir dari ChannelnewsAsia, Senin (3/3/2017), Pejabat Tinggi AS mengatakan bahwa Donald Trump akan mengeluarkan dua perintah eksekutif untuk mencari akar masalah penyebab defisit neraca perdagangan AS.

Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan, salah satu perintah Trump berupa analisa negara per negara dan produk per produk. Hasilnya akana dilaporkan pada Trump dalam 90 hari. Berita selengkapnya di sini.

2. 5 Negara Paling Dibenci di Asia, Mana Saja?

Ada sejumlah faktor yang menjadikan eksistensi sebuah negara disukai atau bahkan dibenci oleh orang, baik penduduknya sendiri atau dari negara lain.

Faktor seperti situasi politik, sosial budaya, keamanan, dan arogansi masyarakat terhadap pendatang bisa menjadikan negara itu dicap buruk.

Hal itu terjadi di negara-negara besar yang sudah banyak dikenal. Ada 5 negara yang paling dibenci di Asia, menurut Forbes. Berita selengkapnya di sini.

3. 10 Negara dengan Rasio Utang Paling Tinggi di Dunia

Pasca krisis keuangan yang melanda dunia pada tahun 2007-2008, banyak negara yang belum bisa benar-benar pulih dari resesi. Salah satu faktor yang kerap melilit kondisi perekonomian negara tersebut adalah jumlah utang yang banyak.

Beberapa negara ada yang harus menanggung utang dalam jumlah besar sejak krisis global. Mencengangkannya, beberapa negara dengan jumlah utang paling banyak justru merupakan negara terkaya dunia.

Contohnya adalah Jepang. Negara matahari terbit ini memiliki porsi utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 250 persen. Jika dibandingkan dengan Indonesia sangat jauh. Rasio utang RI terhadap PDB belum menyentuh angka 30 persen.  Berita selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.