Sukses

7 Cara Raih Kesuksesan Baik Karier dan Pribadi

Berikut sejumlah tips untuk meraih kesuksesan baik kehidupan pribadi dan profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Kadang kala apa yang membantu seseorang menjadi sukses dalam kehidupan profesional bukanlah sebuah ide yang besar dalam kehidupan pribadi. Kompetisi adalah kualitas yang hadir dalam pikiran seseorang.

Pada saat bersamaan, seseorang memiliki jumlah waktu yang terbatas setiap hari dengan melakukan hal-hal yang ingin dilakukan. Ingin meraih sukses baik di kehidupan pribadi dan profesional?

Berikut sejumlah tips untuk mendorong seseorang menjadi sukses baik di kehidupan pribadi dan bisnis seperti dikutip dari laman Lifehack, yang ditulis Rabu (19/4/2017):

1. Punya nilai tambah

Tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan dan kemana akan pergi, Anda tidak salah dengan memberikan nilai dengan apa yang dilakukan. Salah satu nilai yang dimiliki bagaimana membuat seseorang mau membayar hal itu.

Dalam kehidupan profesional Anda, semakin banyak nilai yang ditawarkan maka semakin besar penghasilan yang didapat. Sedangkan dalam kehidupan pribadi, nilai diterjemahkan sebuah hubungan dekat dan kuat dengan orang terdekat Anda.

Cara terbaik untuk menemukan nilai tersebut yaitu menemukan apa yang orang ingin lakukan dan bersedia membayar seperti apa produk, nilai dan jasa apa yang ditawarkan selaras dengan nilai, kekuatan dan tujuan Anda.

Bagaimana Anda menambah nilai bagi pegawai Anda dan orang terdekat? Bagaimana Anda menambah kemampuan untuk menambah nilai itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikuti Passion

2. Ikuti Passion Anda

Dari membaca banyak biografi tentang orang-orang hebat dan pengamatan orang-orang sukses, salah satu yang disadari yaitu bagaimana mereka mencapai kesuksesannya.

Orang-orang hebat dan sukses itu ikuti hasrat pribadi mereka yaitu sesuatu yang disenangi, dan tak masalah bila melakukan pekerjaan tanpa dibayar dengan tujuan baik serta ingin ahli di bidang yang digeluti.

Alasan seseorang begitu jauh dengan kesuksesannya karena mereka belum mengetahui apa passionnya. Atau seseorang tersebut tidak ikuti passion dengan konsisten. Ini jadi alasan utama mengapa banyak orang tidak mencapai tujuannya. Jadi ayo coba mencari tahu apa passion Anda.

3. Menjadi Luar biasa

Bila Anda melakukan hal sama dengan orang lain maka sulit untuk meraih kesuksesan. Jadi penting untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dicapai. Kemudian terus mendorong diri sendiri dan kerja keras untuk mencapainya. Dengan begitu Anda dapat diperhatikan dan bisa mendapatkan hal yang diinginkan.

4. Mulai sekarang

Begitu banyak faktor untuk mendorong sukses baik kehidupan pribadi dan bisnis. Namun salah satu faktor penting yaitu mengambil aksi atau langsung mulai.

Banyak orang tidak mencapai potensinya karena mereka tidak pernah mulai. mereka selalu mempersiapkan, rencana dan menunggu untuk waktu terbaik. Jadi mulailah sekarang untuk mencapai tujuan Anda.

3 dari 3 halaman

Mencari Mentor yang Baik

5. Mencari seorang mentor yang baik

Seseorang yang ingin meraih sukses biasanya memiliki mentor yang menolong mereka untuk sukses. Seorang mentor dapat menolong dan membawa Anda menuju kesuksesan lebih cepat ketimbang Anda melakukannya sendirian.

Jika Anda ingin sehat, kemudian cari dan temukan seorang mentor yang dapat mendorong Anda sehat. Bila Anda ingin kaya, cari dan temukan seorang mentor yang mendorong Anda bisa kaya. Demikian juga ketika Anda ingin sukses, aktif untuk menemukan mentor yang membantu Anda meraih sukses.

6. Bangun grup yang mendukung Anda

Sementara mentor membantu Anda untuk memandu bagaimana menempuh jalan kesuksesan. Bentuk grup yang berisi teman-teman yang membantu Anda untuk mewujudkan kesuksesan Anda.

Tak hanya teman tetapi juga bisa saudara atau kelompok yang percaya dan yakin dengan kemampuan diri Anda. Dengan memiliki lingkungan dan grup yang positif dan yakin kepada Anda maka mereka dapat bersedia mendengar keluh kesah, keraguan diri Anda, dan mengingatkan sudah seberapa jauh perjalanan untuk mencapai kesuksesan.

7. Bertahan

Sesuatu yang dikerjakan dan direncanakan memang tak selamanya mulus. Seseorang pasti menemui gangguan dan batu sandungan untuk mencapai tujuannya.

Kunci agar tetap menuju jalan kesuksesan itu dengan bertahan. Kembangkan keberanian Anda ketika orang di sekeliling Anda mengatakan tak masalah untuk menyerah. Tetaplah bertahan dan terus kerja keras untuk meraih kesuksesan. (Dian Ayu)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.