Sukses

Menteri Rini Angkat Andi Widjajanto Jadi Komut Angkasa Pura I

Andi menggantikan Andrinof Chaniago yang pada 15 Maret 2017 lalu ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) mengumumkan perubahan susunan komisaris. Andi Widjajanto diangkat sebagai Komisaris Utama PT Angkasa Pura I (Persero) menggantikan Andrinof Chaniago yang pada 15 Maret 2017 lalu ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Sedangkan Agus Santoso diberhentikan dengan hormat dari posisinya sebagai Komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) setelah sebelumnya diangkat menjadi Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada 24 Februari lalu. Agus Santoso digantikan oleh Suprasetyo, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi Kawasan dan Kemitraan Perhubungan Kementerian Perhubungan.

Pemberhentian dan pengangkatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Rapat Umum Pemegang Saham PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor SK-65/MBU/4/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) tanggal 4 April 2017.

"Kami berterima kasih sebesar-besar kepada Bapak Andrinof Chaniago dan Bapak Agus Santoso atas sumbangsihnya dalam membina dan mengarahkan manajemen Angkasa Pura I untuk menjalankan operasional bisnisnya. Selamat datang kepada Bapak Andi Widjajanto sebagai Komisaris Utama dan Bapak Suprasetyo," ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi dalam keterangan resminya.

"Kami percaya hadirnya dua komisaris baru ini akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan yang tengah melakukan percepatan pembangunan bandara baru dan infrastruktur pendukung di dalamnya,” imbuhnya.

Andi Widjajanto diketahui pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla sejak 3 November 2014 hingga 15 Agustus 2015. Andi Widjajanto memiliki latar-belakang pendidikan yang luas, mulai dari FISIP jurusan HI di Universitas Indonesia lulus 1996, kemudian juga mendapat gelar sarjana dari School of Oriental dan African Studies University of London.

Mendapatkan Master of Sciences dari London School of Economics, sekaligus juga dapat gelar Master of Sciences dari Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2003.

Sedangkan Suprasetyo diketahui publik sebagai Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang menjabat posisi tersebut sejak 12 januari 2015. Sebelumnya Ia memiliki karir yang cukup panjang di Kementerian Perhubungan yaitu Kasubdit Pengam. Pelayanan Darurat pada tahun 2002, Atase Perhubungan KBRI di Washington pada tahun 2007, Kasubdit Kendali Mutu Keamanan Penerbangan pada tahun 2011, Kasubdit Pelayanan Darurat Direktorat Keamanan Penerbangan pada tahun 2012, Kepala Bandara Kelas Utama Hang Nadim Batam pada tahun 2013, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta pada tahun 2014.

Berikut susunan Komisaris PT Angkasa Pura I (Persero) per 4 April 2017:

Komisaris Utama: Andi Widjajanto
Komisaris Independen: Boy Syahril Qamar
Komisaris: Selby Nugraha Rahman
Komisaris: Dwi Ary Purnomo
Komisaris: Anandy Wati
Komisaris: Suprasetyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.