Sukses

Trik Jalan-Jalan ke Thailand dengan Anggaran Rp 3 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Secinta-cintanya kamu dengan pekerjaanmu, pastilah kamu butuh waktu untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran. Weekend yang diisi dengan tidur selama 12 jam atau sekadar jalan-jalan di taman, kayaknya enggak cukup deh. Kamu harus pergi lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru supaya fresh!

Yup. Ini berarti: waktunya liburan! Kalau waktu dan duitmu terbatas, salah satu destinasi wisata yang bisa kamu pertimbangkan adalah Thailand! Thailand, negeri Gajah Putih dengan pesona eksotisme Asia Tenggara yang khas.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk menjelajahi Thailand, sangat terjangkau. Makanya, enggak heran kalau Thailand menjadi salah satu bucket list para traveler di seluruh dunia. Apakah kamu termasuk?

Ternyata, kamu bisa jalan-jalan ke Thailand hanya dengan budget Rp 3 juta untuk 4 hari dan 3 malam, lho! Tertarik? Kalau iya, mari lihat biaya apa saja sih yang harus kamu persiapkan? Simak ulasannya seperti dikutip Tunaiku:

Biaya Pokok

1. Tiket

Kalau mau dapat yang murah, beli jauh-jauh hari dan pilih tanggal low season. Sebaiknya sih, 3-6 bulan sebelum kepergian. Supaya lebih update tentang harga promo, Tunaiku sarankan untuk berlangganan newsletter maskapai penerbangan potensial.

Jadi, kamu bisa tahu lebih cepat jika sedang ada penawaran tiket murah. Kalau beruntung, harga tiketmu bisa di bawah 500 ribu.

Harga tiket PP: Rp 1.000.000

2. Penginapan

Pilih penginapan murah di kawasan Khaosan Road, Bangkok. Khaosan Roda memang telah dikenal sebagai pusat backpacker di negeri lahirnya seni bela diri Muay Thai ini.

Kisaran harga penginapan di kawasan Khaosan Road mulai dari hanya 250-300 baht atau sekitar Rp 96.000. Sebaiknya kamu pesan penginapan sebelum berangkat kalau enggak mau kalang kabut sesampainya di sanakan? Kamu bisa booking hotel jauh-jauh hari via internet, kok.

Harga penginapan: Rp 300.000

1 dari 4 halaman

Transportasi



3. Transportasi

Di Thailand, ada berbagai pilihan moda transportasi yang bisa kamu pilih. Ada bus, Bangkok Mass Transit System (BTS), MRT dan Airport Rail Link (ARL), bahkan kendaraan umum sejenis bajaj yang disebut tuk-tuk.

Untuk transportasi selama 4 hari, siapkan kurang lebih 250 baht atau Rp 100.000. Eh, kalau destinasimu berdekatan, kamu tinggal jalan kaki supaya makin hemat.

Biaya transportasi: Rp 100.000

4. Konsumsi

Harga kuliner di Thailand hampir sama kok dengan Indonesia. Bahkan bisa lebih murah. Rasanya pun kurang lebih sama dengan cita rasa Indonesia. Jadi, pasti cocok deh.

Tapi, hati-hati juga untuk kamu yang tidak mengonsumsi daging babi, karena cukup susah ketemu makanan halal. Kisaran harga sekali makan untuk kelas pinggiran jalan adalah sekitar Rp 15.000-Rp 30.000.

Biaya makan: Rp 500.000

Nah, untuk pengeluaran pokok 4 poin di atas, kamu sudah menghabiskan kira-kira: Rp 2.000.000.

2 dari 4 halaman

Biaya wisata


 
Biaya wisata

Wah, masih sisa Rp 1 juta nih! Nah, sisanya ini bisa kamu gunakan untuk mengunjungi destinasi wisata. Tapi karena cuma Rp 1 juta, pintar-pintar pilih lokasi wisata ya. Lebih baik cari satu atau dua yang cukup fancy dan sisanya wisata yang free aja.

Berikut beberapa pilihannya:

1. Destinasi wisata populer

Belum ke Thailand kalau belum mengunjungi lokasi wisata populer seperti Royal Grand Palace, Siam Ocean World, Museum lilin Madame Tussauds, Kuil Budha berbaring Wat Pho, atau Siam Ancient City.

Untuk wisata populer seperti ini, biasanya kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 100.000– Rp 500.000.

2. Wisata religi di candi

Daya tarik utama Thailand nih. Candi-candi suci nan indah yang enggak memungut biaya masuk. Beberapa yang bisa kamu coba kunjungi seperti Wat Mangkorn Kamalawat di Chinatown, Wat Indraviharn di Dusit, and Wat Patum Wanaran di pusat Bangkok.

3 dari 4 halaman

Oleh-oleh



3. Cari oleh-oleh harga miring di pasar tradisional

Ingin mencari oleh-oleh atau sekadar mengamati kehidupan warga lokal? Pasar tradisional jawabnya. Pasar tradisional di Thailand yang jangan sampai terlewatkan misalnya Thewet Market, Pasar Chatuchak, dan Khlong Toey Market.

Oh iya, di dekat Chatuchak Market, ada taman kupu-kupu tertutup di dalam Rot Fai Park. Kalau enggak, bisa juga menyegarkan pandangan di Queen Sirkit park.

4. Chiang Mai

Nah, kalau Bangkok terlalu mainstream, kamu bisa beralih tujuan ke Chiang Mai. Karena, menurut pendapat mereka yang sudah pernah berkunjung, Chiang Mai konon lebih menyenangkan.

Di sini kaya akan sejarah dan bangunan tua, Wat Rong Khun alias White Temple yang disebut-sebut sebagai kuil terindah, dan bahkan berinteraksi langsung dengan 6 suku asli di utara Thailand di Baan Tong Luang.

Baca juga: Tips Liburan Murah di Korea dengan Budget Rp 5 Juta

Artikel Selanjutnya
Menteri Susi: Ada yang Mau Hantam Saya soal Impor Garam
Artikel Selanjutnya
Kenali Pekerjaan yang Cocok melalui Zodiak Anda