Sukses

5 Ide Bisnis Bermodal Minim yang Cocok Bagi Pemula

Kalau kamu mau berbisnis dan bingung untuk mulai dari mana, coba deh 5 ide bisnis bermodal minim yang cocok bagi pemula berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tertarik untuk berbisnis tapi terkendala dengan modalmu? Tenang. Zaman sekarang, ada banyak sekali bisnis yang nggak membutuhkan modal banyak, kok. Kamu cuma perlu sedikit kreatif dalam membaca peluang, Kawan Tunaiku.

Kalau kamu bingung untuk mulai dari mana, coba deh 5 ide bisnis bermodal minim yang cocok bagi pemula berikut ini seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Menjual barang bekas secara online

Punya banyak barang bekas nggak terpakai yang kondisinya masih bagus? Coba tawarkan secara online lewat situs jualan atau bikin toko online-mu sendiri.

Kalau berniat dibuat toko online secondhand, pertimbangkan juga niche produk yang menarik, misalnya barang-barang outdoor, keperluan hobi, atau elektronik.

Kalau bisnismu sudah mulai jalan dan ada sedikit modal, kamu bisa mencari dan membeli barang bekas untuk dagangan lewat forum-forum yang sesuai untuk dijual kembali di toko online-mu.

2. Berjualan camilan atau makanan

Usaha berjualan camilan atau makanan nggak memerlukan modal yang besar. Selain itu, untungnya juga banyak, bisa mencapai 100 persen, terlebih jika kamu membuatnya sendiri. Hanya saja, perlu usaha lebih jika kamu memutuskan untuk membuat sendiri makanannya.

Mulai dari membeli bahan, memasak, hingga berjualan. Selain itu, kamu juga memerlukan beberapa peralatan dasar untuk memasak, sesuai dengan jenis makanan yang ingin kamu jual.
 

3. Jasa titip beli barang branded

Suka main ke mal? Dengan bermodalkan kamera ponsel, potret aja barang-barang bermerk di sana untuk kamu posting di media sosial dan tawarkan jasa titip untuk pembelian barang-barang tersebut.

Kamu cukup mengutip beberapa puluh ribu rupiah untuk membelikan dan mengirimkan barang yang dipesan ke tangan pembeli.

Dropshipper



4. Dropshipper

Berbeda dengan reseller, dropshipper adalah cara jualan yang wnggak butuh modal. Soalnya, di sini kamu cuma berperan sebagai perantara bagi pembeli dan supplier. Kamu pun enggak perlu repot-repot menyetok barang dagangan.

Cukup promosikan barang dagangan yang dimiliki supplier lewat media sosial dengan harga di atas harga yang kamu dapatkan dari supplier.

Jika ada konsumen yang membeli barang dagangan lewat kamu, kamu tinggal memesankan barangnya ke supplier untuk dikirim ke alamat pembeli tersebut.

5. Merekomendasikan Tunaiku lewat program Referral Program

Kalau kamu termasuk orang yang supel dan punya banyak relasi, usaha yang satu ini sangat cocok buatmu. Gabung ke program referral Tunaiku, lalu rekomendasikan KTA Tunaiku kepada mereka dengan menggunakan kode referral milikmu. Selain bisa membantu orang yang membutuhkan solusi keuangan, kamu juga mendapatkan rezeki dari insentif yang didapat.

 Untuk setiap aplikasi yang disetujui, kamu akan memperoleh insentif antara Rp 20 ribu-Rp 35 ribu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Referral Gamification dan berkesempatan untuk mendapatkan poin reward yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik. Asyik, ‘kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini