Sukses

4 Hal Keuangan yang Wajib Diketahui Fresh Graduate

Banyak yang setelah lulus kuliah belum mengerti tentang pengelolaan uang yang baik dan tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang setelah lulus kuliah belum mengerti tentang pengelolaan uang yang baik dan tepat. Supaya Anda tidak terjebak dalam pengelolaan keuangan yang keliru, coba Anda perhatikan 4 hal keuangan yang wajib diketahui fresh graduate berikut ini:

1. Waktu adalah Aset

Jika  Anda  punya waktu lebih maka banyak hal yang bisa  Anda  lakukan untuk menambah penghasilan. Baik itu dalam bentuk melakukan usaha sampingan atau berinvestasi. Dalam perencanaan keuangan, waktu identik dengan kapan Anda mulai untuk menabung atau berinvestasi.

2. Investasi

Investasi berbeda dengan tabungan. Investasi mempunyai keuntungan yang lebih, apabila dibandingkan dengan tabungan karena jumlahnya bisa bertambah secara terus menerus.

Nilai uang juga tidak akan menurun akibat dari inflasi yang terjadi. Anda bisa memulai mencoba produk investasi yang berisiko kecil seperti reksadana atau emas. Sesuaikan jenis investasi dengan profil risiko Anda.

3. Pengeluaran Lebih Kecil dari Pendapatan

Perhatikan bahwa idealnya pengeluaran adalah sepertiga dari pendapatan saja. Hitung dengan cermat dan teliti pendapatan yang Anda peroleh selama sebulan serta berhati-hatilah dalam membelanjakan uang tersebut. Lebih baik menyisakan gaji ketimbang harus kehabisan uang.

4. Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Dalam menjalankan rencana keuangan kadang dibutuhkan pengorbanan. Sebaiknya Anda melakukan penghematan secukupnya, agar gaji Anda bisa dialokasikan untuk menabung dan membeli sesuatu yang memang dibutuhkan sekaligus untuk persiapan dana pensiun.

Kurangi kebiasaan boros yang kurang bermanfaat, misalnya hobi nongkrong di kafe atau jalan-jalan tanpa tujuan.

Berikut adalah hal keuangan yang perlu diperhatikan bagi kaum muda. Jangan habiskan masa mudamu dengan hal yang sia-sia. Semoga bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.