Sukses

Berlian Pink Terbesar Ini Terjual Rp 946 Miliar

Berlian pink yang dikenal pink star ini dibeli oleh perusahaan perhiasan Chow Tai Fook asal Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan perhiasan berbasis di Hong Kong Chow Tai Fook membeli berlian pink seberat 59,6 karat senilai US$ 71 juta atau sekitar Rp 946,21 miliar (kurs rupiah 13.327 per dolar Amerika Serikat).

Penjualan itu termasuk rekor dunia lelang tertinggi untuk batu perhiasan mana pun. Chow Tai Fook memenangkan lelang dari penawaran tiga pihaknya melalui telepon selama lima menit. Demikian mengutip laman Bloomberg, Kamis (5/4/2017).

Sebelumnya berlian bernama Pink Star ini pernah ditawarkan sekitar US$ 83 juta atau sekitar Rp 1,10 triliun pada 2013. Angka itu lebih rendah US$ 12 juta dari penawaran sekarang.

Namun pihak pembeli tidak pernah membayar lelang tersebut sehingga pihak lelang Sotheby kembali ambil berlian tersebut.

Chow Tai Fook didirikan pada 1929, dan termasuk perusahaan perhiasan terbesar di dunia yang beroperasi lebih dari 2.000 toko di seluruh dunia.

Ada pun Pink Star diperkirakan senilai lebih dari US$ 60 juta. Menurut the Gemological Institute of America, berlian pink itu termasuk terbesar di dunia.

Berlian memiliki warna merah muda ini mendapatkan warna tersebut melalui proses yang disebut deformasi plastik. Proses ini ketika ada perubahan tekanan membuat anomali struktural dalam kristal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini