Sukses

3 Rahasia Jadi Pekerja Lepas yang Sukses dan Kaya Raya

Walaupun terkesan menyenangkan, menjadi freelancer juga tidak semudah yang dibayangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang freelancer kini dianggap sebagai profesi baru yang cukup menjanjikan bagi sebagian orang. Pasalnya mereka lebih senang bekerja tanpa terikat waktu 8-9 jam setiap hari, seperti hal nya karyawan di sebuah perkantoran.

Namun, pada dasarnya semua orang selalu ingin bisa menjadi karyawan di perusahaan favoritnya, freelancer hanyalah alternatif lain yang tidak semua orang memilihnya sebagai profesi.

Biasanya bekerja menjadi freelancer dilakukan karena seseorang terlalu sering keluar masuk perusahaan. Mereka cenderung memiliki jiwa yang bebas, namun memiliki keahlian tertentu. Walaupun terkesan menyenangkan, menjadi freelancer juga tidak semudah yang dibayangkan.

Ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan berkarier sebagai freelancer.
Berikut ini rahasia agar kamu menjadi freelancer yang sukses:

1. Waktu lebih berharga dari Uang

Seorang freelancer harus pandai mengatur waktu, baik itu waktu untuk mulai bekerja maupun waktu untuk menangani klien. Prinsip seorang freelancer adalah kepercayaan klien menjadi prioritas yang utama. Klien mereka adalah lahan uang untuk para freelancer.

Keberadaan waktu dalam hal ini, adalah penentu masa depan dan nasib seorang freelancer. Ia juga harus segera menyelesaikan pekerjaanya saat ada waktu deadline tertentu.

Terkadang, saat para karyawan sedang libur, seorang freelancer tetap harus bekerja untuk menyelesaikan deadline pekerjaanya.

2. Ibarat Menjajakan Dagangan

Bisa dibilang seorang freelancer adalah bekerja untuk dirinya sendiri self employment, jadi ia diibaratkan harus menjajakan dagangannya, sebelum orang lain atau calon kliennya mengetahui jasa atau keahlian yang dia tawarkan.

Klien tidak datang dengan sendirinya, seorang freelancer dengan keahlian khusus, terkadang harus mencari sendiri kliennya.

Saat ini, teknologi sudah canggih, tentu tidak usah repot-repot beriklan secara manual, untuk memperkenalkan jasa kita. Cukup membuat website profile yang menampilkan profil lengkap mengenai kamu dan keahlian yang dimiliki.

Selain itu, biasanya para freelancer juga menjadikan pertemanan sebagai tempat mencari klien. Berteman dengan siapa saja adalah sebuah kesempatan untuk mendapatkan klien.

Kemampuan terbaik

3. Memiliki Kemampuan dan Keahlian Terbaik

Karena freelance tidak terikat waktu, dan bisa bekerja dari satu perusahaan ke perusahaan lainya, maka kamu harus memiliki keahlian di bidang tertentu yang tidak dimiliki karyawan lainya.

Bisa dibilang bekerja menjadi seorang freelancer biasanya memang jenis pekerjaan yang tidak semua orang bisa melakukanya.

Saat ini perusahaan banyak yang membutuhkan bidang pekerjaan terkait teknologi dan desain, sayangnya karyawan di perusahaanya tidak ada yang memiliki keahlian tersebut. Karena perusahaan juga memiliki deadline sehingga tidak sempat merekrut karyawan di bidang tersebut, mereka pasti akan memilih jasa freelancer.

Oleh karena itu, miliki keahlian terbaik dan juga kemampuan yang maksimal, agar perusahaan merasa tidak salah memilih seorang freelancer dengan keahlian yang mumpuni.

4. Keahlian Khusus dan Pandai Mengatur Waktu

Seorang freelancer memang dituntut untuk memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang. Karena inilah yang menjadi alasan ia bisa bekerja di mana saja tanpa terikat waktu. Namun, waktu juga sangat berpengaruh bagi kesejahteraan seorang freelancer.

Gunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk mengejar deadline pekerjaan kamu. Jika kedua hal ini sudah bisa maksimal, anda bisa menjadi seorang freelancer yang sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.