Sukses

Ingin Aman Secara Finansial di Usia Muda? Ini Caranya

Yuk, kita terapkan 5 cara ini supaya kita makin aman secara finansial di usia muda.

Liputan6.com, Jakarta - Usia di bawah 27 tahunan adalah masa saat kedewasaan sudah mulai terbentuk serta berbagai keputusan besar untuk menentukan ke mana arah hidup.

Mungkin di usia ini kamu mulai menapaki karier pekerjaan dengan gaji yang menurutmu selalu saja kurang untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup.

Sebesar apapun penghasilan, tanpa pengelolaan uang yang baik, pasti akan selalu terasa tidak cukup. Di usia yang masih muda, fisik masih kuat, sehat dan produktif kamu perlu mulai menjaga kestabilan kondisi finansial.

Semakin cepat kamu memulai, semakin cepat juga kamu bisa mandiri dan mapan secara finansial. Berikut cara aman menjaga finansial saat masih berusia muda seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Berhemat dengan cara yang menyenangkan

Jika kita mendengar kata berhemat pasti sudah terbayangkan bagaimana kita akan menderita karena memotong anggaran untuk makan, atau bersenang-senang.

Namun jika kamu melihat sisi positif dari berhemat itu sendiri, kamu akan mampu melaluinya dengan baik. Misalnya membawa bekal untuk dibawa ke kantor. Selain hemat karena biaya makan berkurang, kamu bisa mulai belajar masak sendiri sebagai bekal kelak jika berkeluarga.

Berangkat ke kantor dengan bersepeda supaya lebih sehat, atau naik angkutan umum untuk menambah kenalan di luaran sana.

Selain itu, kamu juga bisa memulai dengan membuat tujuan jangka pendek, dalam sehari atau seminggu kamu bisa berhemat berapa rupiah. Jika kamu berhasil mencapai target tersebut, kamu bisa menghadiahi dirimu sendiri.

2. Memanfaatkan fasilitas gratis

Salah satu kebiasaan kecil yang mampu membuat perubahan pada keuanganmu adalah dengan memanfaatkan beragam fasilitas gratis di sekitar. Jika kamu hobi membaca buku, kamu dapat melakukannya di perpustakaan atau mengunduh buku versi e-book daripada membeli.

Jika ingin mengunduh sesuatu, gunakanlah Wifi gratisan di tempat-tempat umum atau kantor. Kurangi kebiasaan menonton di bioskop, dengan memanfaatkan Wifi kantor atau kafe favoritmu, kamu dapat streaming film untuk hiburan di waktu senggang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pisahkan rekening tabungan

3. Pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari

Menabung sudah menjadi hal yang penting dilakukan jika ingin menjaga finansialmu tetap aman. Agar penghasilan dapat terselamatkan dari pengeluaran yang tidak terkendali, kamu dapat membuat dua rekening berbeda.

Rekening pertama untuk pengeluaran rutin, dan rekening kedua untuk simpanan. Dengan membuat dua rekening berbeda, akan membuat kamu lebih bijak dalam hal pengeluaran, penghasilan kamu memiliki arah yang jelas dan bisa dikontrol dengan mudah.

(Baca juga: 10 Cara Sederhana Buat Bikin Hidup Kamu Makin Hemat)

4. Mulai berinvestasi

Bagi kamu yang masih awam mengenai persoalan investasi dan sebagainya tentu akan merasa ragu untuk memulai, apalagi berbagai pemberitaan yang marak mengenai penipuan investasi akan membuat kamu takut untuk berinvestasi.

Namun jika kamu mampu mengelola investasi dengan baik akan memberikan keuntungan yang besar bagimu kelak.

Tentu kamu perlu belajar berbagai jenis investasi dan memilih investasi apa yang cocok bagimu. Perbanyak diskusi dengan para profesional yang paham betul mengenai investasi yang ingin kamu dalami. Jangan memulai berinvestasi jika kamu belum benar-benar mengerti aturan main dunia investasi itu sendiri.

5. Siapkan dana untuk hari tua

Usia di bawah 27 tahun memang tergolong masih muda, masih banyak impian dan cita-cita yang ingin kamu capai di usia muda ini. Kendati masih muda, jangan sampai kamu terlena dengan kondisi finansial yang aman.

Siapkan tabungan pensiun, dana tidak terduga, serta sejumlah dana penting lainnya. Sehingga nanti ketika usia sudah mulai beranjak senja, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kelangsungan hidupmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.