Sukses

Naik Gaji? Ini 6 Cara Tepat Alokasikan Uang

Lakukan hal ini saat naik gaji agar Anda bisa menabung lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Pekerja mana yang tidak suka mendapat kenaikan gaji. Apabila disetujui oleh atasan, kenaikan gaji ini bisa menjadi hal yang membahagiakan para pegawai serta membantu urusan finansial mereka.

Namun begitu, beberapa pekerja ada yang tidak mengindahkan pengaturan keuangan yang baik. Meski gaji sudah bertambah, pekerja tipe ini justru menghabiskan uang lebih banyak. Yang artinya, meski penghasilan saat ini lebih besar tetap saja tak bisa menabung lebih banyak.

Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan apabila mendapat kenaikan gaji?

Melansir Cheatsheet.com, Senin (10/4/2017), berikut beberapa tipsnya:

1. Bayar lunas utang

Ug yang menumpuk bisa membuat kondisi finansial Anda makin buruk. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan uang dari hasil naik gaji untuk melunasi semua utang yang Anda miliki. Hutang yang lunas juga bisa membuat Anda lebih lega.

2. Menabung tabungan darurat

Salah satu bentuk tabungan yang memiliki prioritas penting adalah tabungan dana darurat. Selain bisa membuat kondisi keuangan lebih stabil, dana darurat juga bisa digunakan sebagai dana penolong apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Contohnya bisa bermacam-macam, mulai dari menutupi biaya pengobatan, atau untuk biaya hidup apabila terkena PHK.

3. Menabung untuk pensiun

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan uang naik gaji adalah menabung untuk pensiun. Semakin cepat Anda menyisihkan uang untuk dana hari tua akan semakin banyak pula tabungan yang terkumpul di hari mendatang. Tabungan masa pensiun ini juga bisa dialokasikan untuk menjadi modal usaha saat nanti tak lagi kerja setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi

4. Investasi

Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan.

Selain itu, investasi merupakan sebuah langkah awal untuk menjadi kaya dan cara mengelola keuangan dengan baik. Manfaat dari berinvestasi sangat berdampak bagi kelangsungan hidup Anda pada masa depan.

5. Beli baju baru

Tidak ada salahnya untuk menggunakan uang tersebut demi menyenangkan diri Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli baju baru. Selain bisa untuk mendongrak penampilan, baju baru ini juga bisa membuat penampilan Anda lebih baik saat bekerja.

6. Pergi liburan

Memang wajar jika kita berharap bisa sedikit menikmat kenaikan gaji. Namun sebaiknya jangan menghabiskan uang terlalu banyak pada hal yang bersifat foya-foya, seperti berbelanja atau makan-makan. Tabunglah tambahan dana tersebut untuk sesuatu yang bisa lebih dikenang, contohya liburan ke tempat impian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini