Sukses

10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Anda Kaya Raya

Menjadi kaya dan mencapai kebebasan finansial adalah impian semua orang.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya dan mencapai kebebasan finansial adalah impian semua orang. Siapa yang tidak mau berada di posisi tidak memikirkan dan tidak dibuat pusing oleh uang?

Sayangnya banyak orang tidak mampu mencapai kebebasan finansial yang dicita-citakan. Namun bukannya mustahil, Anda bisa meraihnya.

Berikut 10 kebiasaan yang bisa membuat Anda meraih kekayaan dan kebebasan finansial seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Punya tujuan hidup

Istilah ‘bebas finansial’ memang sangat luas. Untuk mencapainya, Amda harus punya tujuan konkret. Misalnya dengan menuliskan target jumlah uang di rekening di usia sekian, atau gaya hidup yang ingin Anda capai di umur sekian. Semakin spesifik tujuan, semakin fokus Anda dalam mencapainya.

2. Buat bujet

Setiap bulannya, buatlah bujet dan patuhilah bujet tersebut. Supaya perhitungan Anda akurat, jangan lupa biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran.

3. Membayar tagihan kartu kredit secara penuh

Cicilan kartu kredit dengan bunganya yang tinggi merupakan racun bagi siapa saja yang ingin membangun kekayaan.

Supaya tidak terbebani bunga yang tidak perlu, lunasi tagihan setiap bulan sebelum jatuh tempo. Jika Anda ingin mencicil pembelian barang, pastikan jika Anda memang benar-benar membutuhkannya.

4. Punya tabungan rencana

Kalau Anda termasuk orang yang sulit menabung, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tabungan rencana yang disediakan oleh bank. Setiap kali menerima gaji, sejumlah uang akan otomatis berpindah dari rekening biasa ke rekening tabungan rencana.

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkannya sebagai dana darurat, dana liburan, dana pernikahan, atau tabungan untuk investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Abaikan orang lain



5. Abaikan orang lain

Teman selalu gonta-ganti gawai atau tetangga pamer mobil baru? Abaikan saja karena Anda tidak tahu mungkin saja mereka membelinya secara mencicil.

Nilai barang konsumtif tersebut akan menurun seiring dengan waktu. Tapi jika Anda mengalokasikan uang di investasi, uang Anda akan semakin tumbuh.

6. Negosiasi

Banyak orang malas bernegosiasi atau malu karena tidak yakin bisa mendapatkan harga lebih murah. Negosiasi lebih sering dilakukan saat belanja di pasar tradisional karena memang sudah lazim. Padahal, bahkan untuk pembelian besar seperti beli mobil atau rumah,

Anda berkesempatan mendapatkan harga lebih murah kalau mau negosiasi. Diskon yang didapat pastinya lebih untung dari sekedar menawar sayur mayur di pasar tradisonal. (Baca juga: 4 Hal yang Disembunyikan Sales Mobil dari Pembeli)

7. Terus belajar

Setelah lulus, bukan berarti Anda berhenti belajar. Justru setelah menghadapi dunia nyata, Anda harus semakin giat belajar. Apalagi kalau targetnya meraih kebebasan finansial. Anda harus selalu up to date dengan pergerakan harga saham, emas, properti, danj kondisi ekonomi secara umum.

3 dari 3 halaman

Merawat



8. Merawat

Terkesan sepele, namun bisa membuat Anda berhemat banyak. Merawat baju dengan cara berhati-hati saat mencuci, langsung mengelap sepatu setelah selesai dipakai, berhati-hati menggunakn gawai agar tidak terkena air atau jatuh, dapat memperpanjang usia barang-barang Anda.

Merawat barang-barang sama pentingnya dengan investasi. Karena ketika masih layak digunakan, Anda tidak perlu membeli baru. Ataupun jika merasa bosan, Anda bisa menjualnya karena kondisinya masih bagus.

9. Hidup di bawah kemampuan

Miliki pola pikir hidup di bawah kemampuan meskipun Anda memiliki banyak uang. Cara ini sudah terbukti dan diterapkan oleh banyak orang kaya seperti Warren Buffet. Caranya sebenarnya sangat sederhana: Jangan beli barang yang tidak Anda butuhkan.

10. Olahraga dan makan yang baik

Kesehatan merupakan investasi yang tak ternilai harganya. Isitlah ‘sehat itu mahal’ memang benar adanya. Pasalnya biaya kesehatan saat ini apalagi untuk penyakit-penyakit berat tidak bisa dibilang murah.

Tubuh yang sehat membuat Anda maksimal dalam mencari rezeki. Olahraga dan menjaga pola makan wajib dilakukan siapa saja yang ingin sehat jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.