Sukses

4 Trik Menjawab Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja

Selama-lamanya karyawan bekerja di sebuah perusahaan, pasti akan resign jika waktunya sudah tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Selama-lamanya karyawan bekerja di sebuah perusahaan, pasti akan resign jika waktunya sudah tiba. Seorang karyawan yang resign dari pekerjaan sebelumnya tentu ada alasan yang melatarbelakangi mengapa mengambil keputusan tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan, Anda sebaiknya tidak menceritakan konflik pribadi di perusahaan sebelumnya. Sebelum menghadapi wawancara kerja pastikan Anda sudah menyiapkan perkiraan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan nanti oleh HR.

Salah satu pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan adalah “Mengapa Anda resign dari pekerjaan di perusahaan sebelumnya?”. Pertanyaan ini biasa ditanyakan oleh HR dengan alasan karena mereka ingin mengetahui track record selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Banyak di antara career seekers yang kelihatan kebingungan saat menghadapi interview kerja ketika ditanya pertanyaan tersebut. Jangan sampai Anda terjebak saat menjawab pertanyaan ini. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut seperti dikutip dari Karir.com:

Berikan jawaban yang positif

Sebelum memberikan alasan mengapa resign, baiknya terlebih dahulu Anda menjelaskan bagaimana pengalaman yang telah diberikan perusahaan sebelumnya dan pelajaran-pelajaran apa saja yang sudah didapatkan dari perusahaan tersebut.

Setelah itu, Anda bisa memberikan alasan mengapa resign dari kantor lama. Namun perlu diketahui, apapun masalah yang Anda dapatkan di perusahaan sebelumnya, sebaiknya jangan memberikan jawaban yang negatif kepada HR.

Jawablah dengan pernyataan yang dapat mengesankan pewawancara, namun tetap harus jawaban yang jujur dan tidak melebihkan.

Fokus ke masa depan

Jika mendapati pertanyaan diatas saat wawancara kerja, jangan hanya fokus ke permasalahan yang membuat Anda mengambil keputusan untuk mengundurkan diri.

Anda harus menjawabnya dengan alasan bahwa Anda ingin mendapatkan posisi yang lebih baik dan sesuai dengan passion. Tunjukkan kalau Anda memiliki keinginan yang kuat dan berkembang di perusahaan yang sedang Anda lamar.

Mencari tantangan baru

Alasan ini memang sangat umum dilontarkan oleh career seekers ketika sedang wawancara kerja. Walaupun begitu, memberikan dengan alasan mencari tantangan baru merupakan hal yang pas untuk digunakan dalam menutupi kekurangan dari perusahaan yang lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.