Sukses

Tips Jitu untuk Menjadi Wanita Karier yang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman modern ini, sebagian besar perempuan di seluruh dunia bekerja keras dalam setiap usaha untuk membuktikan bahwa mereka mampu menjadi pemimpin bisnis yang sukses.

Mendapat pengakuan dari seluruh tim di sebuah perusahaan merupakan harapan perempuan di era emansipasi ini. Oleh karena itu, banyak perempuan berusaha dengan sekuat tenaga untuk bisa sukses dalam berkarier dan mendapat pengakuan. 

Dikutip dari wikihow.com, Jumat (21/4/2017), berikut ini adalah beberapa saran paktis untuk menjadi seorang pebisnis perempuan yang sukses:

1. Membaca cerita sukses wanita karier

Sudah banyak contoh wanita karier yang sukses di luar sana. Salah satunya adalah Hillary Clinton. Mantan Sekretaris Negara dan pesaing Donald Trump dalam memperebutkan kursi Presiden AS ini telah mampu membangun kariernya hingga bisa meraih kesuksesan saat ini. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mengikuti jejak dia dalam meniti karier. Telah banyak buku referensi yang menulis mengenai istri dari Bill Clinton ini.  

Anda juga bisa membaca buku-buku lain yang mengisahkan perjalanan wanita sukses di dunia ini. Anda juga bisa membuka artikel di Forbes dan Harvard Business School.

Anda juga dapat membaca pengalam atau biografi sejumlah wanita yang sukses dan mendapatkan wawasan tentang pengalaman profesional mereka dari pengalaman baik dan buruknya.

2. Contoh wanita sukses di bidang Anda

Tidak peduli apa bidang Anda, pasti telah ada wanita sukses yang telah membuka jalan bagi orang lain. Mencari tahu tentang wanita sukses dalam bidang tertentu akan memberi Anda ide yang lebih baik untuk karier Anda.

Mencari tahu mengenai sekolah mereka dan dimana mereka magang dan apa yang telah mereka lakukan sehingga bisa meraih kesuksesan. Cari tahu bagaimana mereka bisa mendapat pekerjaan pertama kali dan informasi lainnya mengenai jalur karier mereka.

Mengetahui apa yang wanita sukses itu lakukan itu sangat tepat. Kemudiam menggunakan pengetahuan itu untuk melakukan rencana untuk menyusun karier Anda sendiri.

3. Cari peluang yang masih terbuka

Pertimbangkan untuk meniti kaier karier untuk meniti kerja di sektor yang belum banyak diselami oleh para wanita. Secara historis, wanita kurang terwakili di bidang sains, teknik, teknologi, matematika dan ilmu komputer.

Dengan mengejar karier di salah satu bidang ini, seorang wanita dapat memperoleh keuntungan dari insentif tertentu yang dirancang untuk mendorong lebih banyak wanita memasuki ladang ini.

4. Seimbangkan pekerjaan dan keluarga

Mungkin rasa peduli yang sangat terbesar seorang perempuan di dunia kerja adalah bagaimana menyimbangkan kehidupan kerja dan keluarga. Karier wanita biasanya terhambat saat melahirkan anak. Oleh sebab itu menyeimbangkan antara karier dan keluarga sangat diperlukan.

Cara terbaik untuk memastikan keseimbangan antara kerja dan keluarganya adalah untuk menemukan sebuah perusahaan yang menawarkan kombinasi kebijakan yang ramah, orangtua yang memerlukan seperti cuti bersalin, jadwal yang fleksibel dan juga manfaat kesehatan untuk keluarga. (Dian Ayu/Gdn)

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Meraih Karier Impian? Lakukan Beberapa Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Kutipan Inspirasi dari 3 Perempuan Kaya dan Sukses