Sukses

Tips Membuka Bisnis Laundry

Liputan6.com, Jakarta - Membuka usaha tempat cuci pakaian atau laundry sangat menguntungkan. Di sekitar tempat tinggal atau kos-kosan mahasiswa atau karyawan kantoran banyak yang tidak menyediakan fasilitas cuci pakaian.

Selain itu, banyak keluarga yang juga memilih untuk tidak mencuci sendiri. Waktu yang sempit menjadi alasan utama. Oleh karena itu, bisnis laundry sangat prospektif. 

Nah, jika Anda tertarik untuk masuk bisnis tersebut, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda harus memiliki perbedaan dengan pesaing. Pasalnya, saat ini sudah jamak bisnis laundry.

Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang ingin membuka bisnis laundry, seperti dikutip dari smallbusiness.chron.com, Rabu (19/4/2017): 

1. Lokasi

Lokasi adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membuka jasa laundry. Anda harus memiliki target pasar yang jelas. Apakah Anda ingin membuka jasa laundry di sekitar perguruan tinggi atau di sekitar perkantoran. Menemukan lokasi usaha di sekitar apartemen juga merupakan ide yang baik.

Perlu diingat, jangan sampai Anda membuka jasa laundry di lokasi yang sudah banyak usaha yang sama. Meskipun masih ada pasar, Anda tetap harus bertarung keras untuk bisa merebut pelanggan. 

Selain itu, pastikan lokasi Anda membuka laundry memiliki tempat parkir yang luas. sehingga pelanggan tidak perlu khawatir tentang mengangkut cucian yang berat. 

2. Layanan

Membedakan bisnis laundry yang akan Anda buka dengan pesaing harus Anda lakukan. Anda harus menawarkan pilihan layanan yang lebih luas.

Layanan cuci dan lipat, dimana pelanggan Anda membutuhkan laundry adalah cara yang popular untuk membawa uang tambahan.

Menjemput dan mengirim layanan dengan pemesanan online atau lokasi yang nyaman dengan adanya sofa, televisi dan wi-fi gratis juga bisa menjadi opsi yang Anda pilih. Semua hal tersebut dapat menarik pelanggan.

3. Waktu kerja

Kebanyakan bisnis laundry buka dari pagi sampai sekitar pukul 22.00 setiap hari. Akhir pekan biasanya bisnis laundry sangat padat, pastikan Anda untuk memberikan layanan saat akhir pekan.

Membuka bisnis laundry 24 jam bisa membantu membedakan bisnis Anda dengan pesaing.

4. Reputasi

Pelanggan sangat melihat lingkungan yang bersih dan karyawan profesional. Apakah Anda memberikan pelayanan laundry biasa atau dengan mesin cuci berkoin, yang jelas pengalaman positif pelanggan mencuci harus Anda bangun.

Pelanggan biasanya menceritakan pengalaman mengggunakan jasa Anda kepada orang lain jika memang mereka puas akan layanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, jaga reputasi. (Dian Ayu/Gdn)

 

Artikel Selanjutnya
Lewat Kegiatan Ini Bantu Pelaku Usaha Tingkatkan Bisnisnya
Artikel Selanjutnya
4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!