Sukses

Menteri Jonan: Energi Murah demi Tingkatkan Daya Saing

Sektor energi menjadi dasar yang berpengaruh pada pergerakan sektor lain khususnya industri.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, harga energi Indonesia harus lebih efisien. Hal ini untuk meningkatkan daya saing dengan negara lain.

Jonan mengatakan, sektor energi menjadi dasar yang berpengaruh pada pergerakan sektor lain khususnya industri. Sebab itu harga energi harus efisien sehingga dapat menekan biaya produksi, yang berujung pada peningkatan daya saing dengan negara lain.

"Sektor energi adalah dasar dari banyak sektor," kata Jonan, dalam acara Indonesia Energy Conference, di Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Jonan melanjutkan, upaya efisiensi yang dilakukan antara lain menekan tarif listrik. Untuk mendorong harga listrik menjadi lebih efisien, pemerintah telah mengeluarkan terobosan dalam pembangunan pembangkit, yang menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah.

"Dalam pandangan kami, dalam jangka panjang itu adalah banyak lebih murah untuk menyalurkan tenaga listrik," ungkap Jonan.

Dia menyebutkan, terobosan tersebut diterapkan pada pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di mulut tambang, untuk wilayah penghasil batu bara dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di dekat sumur gas.

Dengan begitu, biaya produksi listrik akan lebih rendah karena memangkas biaya transportasi.

"Kami telah menerbitkan terobosan, jika ada PLTU dia harus membangun di mulut tambang, jika suatu wilayah memiliki daya gas harus membangun pembangkit di kepala sumur," ‎papar Jonan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.