Sukses

4 Tips Sukses Membangun Bisnis Buat Wanita

Menjadi wanita pengusaha yang sukses adalah sebagian besar keinginan dari seorang ibu rumah tangga

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini banyak orang ingin menjadi seorang pengusaha. Banyak alasan yang mendasarinya. Selain memiliki jam kerja yang cukup fleksibel, menjadi pengusaha juga membuat seseorang bisa memimpin dirinya sendiri  alias tak harus menuruti perintah atasan.

Tak heran orang kantoran yang telah memiliki pekerjaan yang mapan pun mulai berpikir dan mencoba untuk membuka usaha sendiri. Tak hanya pria, banyak juga para wanita yang memilih untuk memulai bisnis sendiri. 

Tapi bukan berarti menjalankan sebuah bisnis atau usaha sendiri mudah. Skala apapun baik besar, menengah atau kecil tetap ada tantangan yang harus dihadapi. 

Berikut ini beberapa tips bagi perempuan dari Laura Miller, Direktutr Utama Ink from Chase, untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses seperti dikutip dari Businessnewsdaily, Sabtu (22/4/2017):

1. Gunakan media sosial

Tidak ada keraguan bahwa media sosial sangat penting untuk pemasaran bisnis. "Entah itu Facebook, Twitter atau bahkan Pinterest. Media sosial telah terbukti menjadi saluran yang baik untuk bisnis," kata Miller.

Jika Anda tidak mengenal media sosial, Miller menyarankan agar Anda mengikuti kursus online untuk memahami bagaimana menggunakan platform semacam itu untuk membangun bisnis Anda.

"Cukup sederhana, media sosial harus dipandang sebagai forum untuk berinteraksi dengan pelanggan dan melakukan bisnis sehari-hari," tambahnya.

2. Gunakan jaringan yang Anda miliki

Menjalankan bisnis meskipun kecil cukup membuat pening. Oleh karena itu untuk mengurangi beban yang Anda miliki, segera manfaatkan jaringan yang telah dimiliki untuk membentuk sistem pendukung yang andal.

Miller mengatakan jaringan yang Anda miliki bisa menjadi rekan atau mentor yang bisa mengarahkan memitigasi potensi masalah yang mungkin Anda hadapi.

"Bergabung dengan kelompok pengusaha adalah cara yang baik," katanya. "Profesional dalam kelompok ini dapat memberikan inspirasi yang bagus untuk gagasan baru," tambah dia.

Sedangkan jika Anda tidak memiliki waktu untuk bertemu langsung, Miller menyarankan untuk memanfaatkan komunitas online.

3. Belajarlah untuk melimpahkan tugas

Sebagai wirausahawan memang harus mengambil semua tanggung jawab yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Memang, tidak mudah untuk menjalankan hal tersebut.

Namun, Anda tak harus mengambil semua pekerjaan yang ada. "Anda tidak harus sedikit fleksibel dan menciptakan keseimbangan," jelas Miller.

Ia pun menyarankan agar Anda mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan mereka. Tapi sebelum Anda dapat melakukannya, penting untuk mempekerjakan karyawan yang dapat dipercaya dan Anda melatih mereka dengan baik.

4. Jangan pernah berhenti mencari

Jangan hanya menggunakan jaringan dan sumber daya yang ada, Anda harus melihat kesempatan dengan membuka jaringan yang baru. Miller mencatat, ini sangat penting karena taruhannya lebih tinggi.

"Mengetahui di mana ada celah bisa membuat semua perbedaan," katanya.

Jaringan baru tersebut bisa menjadi sumber yang berharga untuk pengembangan bisnis. Pada akhirnya, dia mencatat, semua kembali mengenai bertemu orang-orang yang akan membantu Anda memenangkan bisnis baru atau menemukan calon klien. (Dian Ayu/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.