Sukses

3 Tips Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Wawancara Kerja

Sering kali HRD memberikan pertanyaan yang cukup sulit dan menjebak, “mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?”

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan yang wajib diikuti oleh career seeker. Tidak heran, tahapan ini sering membuat mereka nervous atau bahkan stres.

Sering kali HRD memberikan pertanyaan yang cukup sulit dan menjebak, seperti “jelaskan tentang diri Anda”, “apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini?”, hingga “mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?”

Nah, untuk pertanyaan terakhir, “Mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?”, Anda harus hati-hati menjawab dari pertanyaan yang satu ini. Anda mau harus bisa menjawabnya dengan bijak.

Berikut ini ada trik yang bisa Anda lakukan jika mendapati pertanyaan tersebut.

1. Jangan mengeluhkan permasalahan di kantor lama

Memang, alasan resign pada umumnya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi atau jenjang karir yang pasti.

Namun, Anda jangan pernah memberikan alasan karena ingin gaji tinggi, atasan yang bersikap keras dan semena-mena, tidak nyaman di tempat kerja yang dulu, serta masalah lain yang Anda hadapi di perusahaan sebelumnya.

Coba katakana bahwa Anda ingin bisa bekerja lebih produktif lagi dan ingin mendapatkan jenjang karir yang jelas.

2. Cari keunikan dari perusahaan yang Anda lamar

Sebelum datang wawancara kerja di perusahaan yang Anda impikan, coba deh biasakan browsing mengenai perusahaan tersebut. Cari informasi yang lebih detail atau sebisa mungkin pelajari profil perusahaan.

Misal, Anda ingin membicarakan budaya kerja di perusahaan tersebut, coba jelaskan secara detail dari aspek yang disukai dari perusahaan tersebut dari pandangan sendiri.

Riset

3. Riset dan tunjukan antusias Anda

Sebelum menunjukan antusias terhadap perusahaan yang Anda impikan, alangkah baiknya lakukan riset terlebih dahulu seperti apa saja hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut hingga job description.

Jika sudah melakukan riset tersebut, Anda bisa mengatakan apapun yang menunjukan bahwa Anda sangat berminat untuk bergabung menjadi sebuah tim dari perusahaan tersebut pada saat wawancara kerja. Hal ini bisa membantu Anda untuk layak mendapatkan posisi yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.