Sukses

Trik Hemat Ketika Libur Panjang Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki April akan menemui sejumlah libur panjang akhir pekan (long weekend). Pada long weekend tersebut memang dapat dimanfaatkan berkumpul bersama keluarga, teman dan bersama orang terdekat untuk jalan-jalan, belanja serta kegiatan lainnya.

Akan tetapi, saat libur panjang akhir pekan itu juga dapat menguras uang. Apalagi kalau tidak merencanakan waktu libur dengan baik. Oleh karena itu tak ingin uang dan gaji habis sebelum akhir bulan? Yuk, simak tips ini.

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto menuturkan, agar gaji tak habis saat libur panjang akhir pekan maka niatkan dulu untuk berhemat. Dengan ada niat membantu seseorang bijak memakai penghasilannya meski saat libur.

"Mau berhemat atau tidak saat libur niat dulu baru ada. Ketika di dalam dirinya sudah ada niat baru action," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (12/4/2017).

Kemudian usai ada niat dan ingin beraksi untuk hemat saat libur panjang akhir pekan, Eko mengatakan perlu ada skala prioritas dalam pengeluaran. Jadi harus membuat pengeluaran maksimal dan minimal dalam tiga hari tersebut.

Lalu tentukan prioritas apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan."Misalkan kalau ingin jalan-jalan tentukan lokasi, tempat jalan-jalan sehingga ada gambaran biaya," kata Eko.

Eko menambahkan, tentukan kegiatan atau aktivitas saat liburan panjang akhir pekan. Pisahkan kebutuhan dan keinginan. "Bila ada dana kebutuhan sebaiknya dipegang suami, dan kalau keinginan dipegang istri. Ini agar penggunaan dana teratur," tutur dia.

Eko mengingatkan agar tidak menghabiskan penghasilan saat libur panjang akhir pekan. "Jangan habiskan uang karena masih ada waktu hingga akhir bulan," ujar dia.

Untuk menghabiskan liburan panjang akhir pekan menurut Eko tak perlu habiskan biaya besar. Bila ingin mencari udara segar dan jalan-jalan, Eko menuturkan bisa mencari lokasi dan tempat wisata yang tidak mahal, dan bahkan bisa gratis. 

Artikel Selanjutnya
Menteri Susi: Ada yang Mau Hantam Saya soal Impor Garam
Artikel Selanjutnya
Kenali Pekerjaan yang Cocok melalui Zodiak Anda