Sukses

27 Perusahaan Tambang Sepakat Amandemen Kontrak

Dengan disepakatinya amandemen ini, maka 27 perusahaan minerba tersebut telah menyetujui penyesuaian yang ditentukan dalam Undang-Undang Mi

Liputan6.com, Jakarta 27 perusahaan ‎tambang mineral dan batubara (minerba) melakukan amandemen Kontrak Karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B), dengan menyesuaikan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang minerba

Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengatakan, 27 perusahaan tambang tersebut terdiri dari 12 perusahaan tambang mineral pemegang KK dan 15 perusahaan tambang batubara pemegang PKP2B.

Untuk diketahui kesepakatan amandemen tersebut telah ditandatangani, antara Menteri ESDM Ignasius Jonan dengan perwakilan 27 perusahaa‎n minerba.

"Penandatanganan ini melengkapi rangkaian proses amandemen KK dan PKP‎2B yang dilakukan sejak 2010," kata Bambang, saat menghadiri penandatanganan amandemen, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Menurut Bambang, dengan disepakatinya amandemen ini, maka 27 perusahaan minerba tersebut telah menyetujui penyesuaian yang ditentukan dalam Undang-Undang Minerba.

Dalam Undang-Undang tersebut ada enam poin ‎yang harus disepakati, yaitu penyesuaian luas wilayah, kelanjutan operasi pertambangan, penerimaan negara, kewajiban pengolahan dan pemurnian mineral di dalam negeri, kewajiban pelepasan saham (divestasi), serta kewajiban penggunaan tenaga kerja, barang dan jasa‎ dalam negeri.

"Tujuan amandemen kontrak pertambangan ini adalah agar usaha pertambangan dapat memberi manfaat ekonomi dan sosial yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat Indonesia‎," ungkapnya.

Berikut Daftar 27 perusahaan tambang yang bersedia melakukan amandemen.

12 Perusahaan Mineral Peme‎gang KK:

PT Kasongan Bumi Kencana
PT Citra Palu Mineral
PT ENsbury Kalteng Mining
PT J Resources Bolaang Mongondow
PT Pasifik Masao Mineral
PT Woyla Aceh Minerals
PT Dairi Prima Mineral
PT Gag Nikel
PT Galuh Cempaka
PT Gorontalo Mineral
PT Pelsart Tambang Kencana
PT Sorikmas Mining

15 ‎Perusahaan Batubara Pemegang PKP2B:

PT Multi Harapan Utama
PT Tanito Harum
PT Marunda Graha Mineral
PT Asmin Bara Bronang
PT Asmin Bara Jaan
PT Bangun Banua Persada Kalimantan
PT Batubara Selaras Sapta
PT Baramutiara Prima
PT Bharinto Ekatama
PT Bumi Laksana Perkasa
PT Delma Mining Corporation
PT Kadya Caraka Mulia
PT Pesona Khatulistiwa Nusantara
PT Suprabari Mapanino Mineral
PT Mahakam Sumber Jaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini