Sukses

3 Tips Jaga Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Pribadi

Hidup jangan cuma untuk bekerja. Jangan lupa luangkan waktu untuk keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda seorang pebisnis dan punya usaha yang sukses ataupun bekerja sebagai karyawan yang punya jam kerja dari pukul 09.00-17.00 WIB, pastilah kesibukan Anda sangat menyita waktu, sehingga waktu untuk diri sendiri terkadang malah tak ada.

Padahal hidup tidak harus seperti itu, Anda pun perlu memiliki keseimbangan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Apalagi jika sudah berkeluarga, pastinya banyak hal yang berubah, karenanya Anda juga harus pintar-pintar membagi waktu.

Melansir laman m2woman.com, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun gaya hidup seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi:

1. Bangun reputasi diri sendiri

Dalam membangun kehidupan yang baik, memang tidak bisa terjadi dalam semalam, karenanya Anda harus bekerja keras untuk membangun reputasi diri sendiri agar Anda dapat mulai membuat pilihan gaya hidup.

Ini bagus untuk mendapatkan tujuan gaya hidup yang fleksibel, tetapi ingat, Anda juga  perlu konsisten dalam membangun reputasi diri agar tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

2. Tetapkan batas

Jika Anda menginginkan fleksibilitas, Anda perlu mengambil kendali dari hubungan kerja dengan klien dan menetapkan batas-batas.

Aturlah hari dan waktu Anda bekerja. Jika ingin melakukan pertemuan dengan klien, pastikan untuk selalu merencanakan dan menjadwalkan sebelumnya, jangan sampai juga Anda telat dengan dengan jadwal yang sudah dibuat.

Ini tentang menjadi bertanggung jawab dan mengelola alur kerja Anda. Jika hal ini bisa diterapkan, maka akan sangat mudah untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi sesuatu yang baik, dan kesan orang terhadap Anda juga akan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai diri sendiri



3. Nilai diri sendiri

Selain menetapkan batas aturan dengan para klien kerja, butuh beberapa waktu untuk menyadari bahwa orang-orang bisa menghargai apa yang sudah Anda lakukan dengan membuat kebiasaan yang baik.

Jika mungkin Anda juga perlu meminta penilaian mereka tentang Anda, hal ini demi juga penting agar bila ada yang tak baik, Anda bisa mengintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Menciptakan kehidupan kerja dan pribadi yang baik memang tak bisa dalam waktu singkat. Tetapi jika Anda mampu melakukannya dan membuat pilihan yang tepat dengan waktu yang benar, maka bukan tidak mungkin hal itu bisa benar-benar dicapai.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.