Sukses

Agar Tak Boros, Intip 4 Langkah Ajarkan Uang pada Anak

Selain bisa diajarkan, Anda juga harus memperlihatkan kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orangtua pasti ingin anaknya bisa mewarisi sifat bijak dalam mengatur keuangan. Meski begitu, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan cepat.

Selain bisa diajarkan, Anda juga harus memperlihatkan kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan. Sebuah studi mengungkap, orangtua yang memiliki kebiasaan buruk soal keuangan juga akan berlanjut kepada anaknya.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan agar sang anak bisa belajar uang dan tidak boros dalam keseharian. Apa saja? Berikut ulasannya dari cheatsheet.com, Minggu (16/4/2017):

1. Perkenalkan uang

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar anak belajar tentang uang adalah dengan memperkenalkan uang. Pada tahap inilah Anda selaku orang tua bisa memperkenalkan uang kepada anak. Beri tahu bentuk, berapa nominalnya, serta apa saja yang bisa didapatkan dengan menggunakan uang tersebut.

2. Ajarkan fungsi uang

Sedari dini, akan lebih baik apabila Anda sudah mengajarkan fungsi uang. Hal ini termasuk cara membelanjakannya secara bijak, cara menambah nilai uang, dan lain-lain. Jelaskan fungsi uang secara sederhana namun detail dan mudah dipahami oleh anak Anda.

3. Beri celengan

Celengan adalah wadah menabung yang sangat favorit di kalangan anak-anak. Ajarkan anak menabung dengan menghadiahinya dengan celengan.

4. Jelaskan perbedaan keinginan dan kebutuhan

Penting bagi anak untuk mengetahui apa perbedaan keinginan dan kebutuhan. Melakukan hal ini maka anak akan bisa dengan mudah mengetahui barang yang dibelinya termasuk dalam kategori apa. Si anak juga bisa dengan perlahan belajar menahan niatnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.