Sukses

17 Ribu Tiket Kereta Tambahan Lebaran Ludes Terjual

KAI membuka penjualan tiket KA tambahan dari Jakarta sebanyak 17 ribu mulai Minggu (16/4/2017) pukul 00.01 WIB.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran dari Jakarta ke beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur ludes terjual.

KAI membuka penjualan tiket KA tambahan dari Jakarta sebanyak 17 ribu mulai Minggu (16/4/2017) pukul 00.01 WIB.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengungkapkan, ada 15 perjalanan kereta api tambahan yang diberangkatkan dari wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 dengan total 17 ribu kursi per harinya dari H-10 sampai H+10 Lebaran.

"Kita sudah buka penjualan tiket KA tambahan Lebaran sejak pukul 00.01 WIB, dan hasilnya sampai dengan pukul 09.00 WIB, habis terjual dari Jakarta untuk tujuan beberapa kota di Jabar, Jateng, Jatim," terangnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu siang ini.

Suprapto menyebut, tiket kereta api tambahan Lebaran yang tercatat sudah habis terjual untuk beberapa tujuan, yakni pemberangkatan Stasiun Pasar Senen ke daerah Jateng dan Jatim untuk H-5 Lebaran sampai hari Lebaran 1.

Sementara untuk tiket kereta tambahan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Jateng dan Jatim pada H-4 sampai dengan H-1 Lebaran pun tersapu bersih.

Sedangkan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju daerah tujuan Jabar yang sudah habis di H-2 dan H-1 Lebaran.

Tujuan mudik Lebaran masyarakat mayoritas ke Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, dan kota lainnya.

"Jadi masih ada tiket kereta tambahan bagi yang mau mudik, tapi selain di hari-hari itu. Misalnya H-7 masih ada, karena ini kan bergerak terus," papar Suprapto.     
   
Terpisah, Vice President Corporate Communication KAI, Agus Komarudin mengatakan, secara keseluruhan setidaknya ada 38 perjalanan kereta tambahan Lebaran yang dijual dengan total 21.860 kursi.

Kereta api tambahan ini terdiri dari berbagai kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. "Untuk kereta tambahan yang terjual sampai dengan 05.30 WIB hari ini baru 42 persen dari 21.860 kursi. Tapi ini setiap saat berubah," dia menjelaskan.

Agus mengaku, tiket kereta api tambahan untuk rute-rute dan tanggal tertentu sudah habis terjual. Utamanya kereta-kereta kelas ekonomi, diantaranya KA Brantas, KA Kertajaya, KA Kutojaya, dan KA Tawang Jaya.

"Yang jelas untuk kereta api jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai H-5 sampai dengan H+5 Lebaran rata-rata sudah terjual habis," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.