Sukses

Penumpang Melonjak di Libur Pekan Depan, KAI akan Tambah Kereta?

Manajemen KAI memprediksi tren peningkatan jumlah penumpang kereta di libur panjang Isra Mi'raj sama dengan libur Paskah.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta berpotensi menambah 7 perjalanan kereta api jurusan Stasiun Pasar Senen ke berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur saat momen libur panjang Isra Mi'raj pada minggu depan yang jatuh pada 22-24 April 2017. Rencana ini mengikuti tren realisasi libur panjang Paskah.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto memprediksi tren peningkatan jumlah penumpang di libur panjang Isra Mi'raj sama dengan libur Paskah. Perusahaan pun akan mengantisipasi lonjakan tersebut dengan memaksimalkan armada yang ada.

"Prediksinya (jumlah penumpang) sama dengan libur panjang Paskah, peningkatan akan terjadi. Jadi antisipasinya, kami maksimalkan 52 kereta api reguler dari Jakarta ke Jabar, Jateng, dan Jatim," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (17/4/2017).

Suprapto menyebut, jumlah penumpang kereta api dari Jakarta ke tujuan tersebut pada libur panjang seperti sekarang ini mencapai 34 ribu penumpang.

Jumlah itu naik dari realisasi pada hari libur biasa yang sekitar 29 ribu-31 ribu penumpang, sementara di hari normal sebanyak 16 ribu-22 ribu penumpang.

"Untuk kereta api tambahan kami akan melihat pergerakan permintaan konsumen. Kereta tambahan untuk libur Isra Mi'raj baru akan dirilis Senin atau Selasa depan, karena menunggu surat perjalanan kereta luar biasa dulu," dia menerangkan.

Berkaca pada libur panjang Paskah, Suprapto memperkirakan, ada 7 perjalanan kereta api tambahan per hari untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Rata-rata menggunakan rangkaian kereta dengan panjang 7-8 gerbong.    

"Kami lihat nanti karena kereta tambahan belum diumumkan. Yang pasti masih ada kesempatan buat masyarakat pesan tiket untuk libur panjang minggu depan," katanya.

Dia menuturkan, puncak arus keberangkatan di libur panjang Isra Mi'raj akan terjadi pada Jumat dan Sabtu (22-23/4). Kemudian arus balik ramai pada Senin dan Selasa (24-25/4), tepatnya mulai berdatangan di waktu subuh.

"Arus keberangkatan puncaknya di Jumat dan Sabtu dari Jakarta ke Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang. Sedangkan arus bali di Senin-Selasa, diperkirakan jam 3 subuh sudah masuk ke Jakarta," tukas Surprapto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.