Sukses

98 Ribu Mobil Serbu Gerbang GT Cikarang di Arus Balik Libur Ini

PT Jasa Marga Tbk memprediksi lalu lintas masuk Jakarta pada puncak arus balik libur panjang Paskah yang berlangsung Minggu ini (16/4/2017) di Gerbang Tol Cikarang Utama bakal mencapai 98 ribu kendaraan.
 
Operator jalan tol pelat merah ini telah mengantisipasi lonjakan kendaraan guna mengurai kemacetan tersebut. 
 
"Diperkirakan kendaraan yang masuk lewat Gerbang Tol Cikarang Utama di arus balik hari ini mencapai 98 ribu kendaraan atau naik 11 persen dari lalu lintas normal sebanyak 88 ribu kendaraan," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan resminya di Jakarta.  
 
 
Berdasarkan data, volume lalu lintas kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama pada Sabtu kemarin (15/4/2017) sebanyak 73 ribu kendaraan atau meningkat sebesar 4 persen dibanding kondisi normal sebanyak 70 ribu kendaraan.
 
Heru menjelaskan, Jasa Marga mengantisipasi kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama dalam rangka arus balik libur panjang Paskah. Pertama optimalisasi gardu Exit sebanyak 17 gardu reguler dan 4 gardu tol otomatis (GTO). Jadi total sebanyak 21 gardu. 
 
Kedua, reversible 4 gardu yang dioperasikan ketika mengalami kepadatan (mengurangi jumlah gardu entrance).
 
Ketiga, dalam kondisi darurat untuk meningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO, yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-toll yang dilakukan petugas pengumpul tol.
 
"Terakhir, mengalihkan lalu lintas arah Jakarta untuk keluar Gerbang Tol Cikarang Barat 2 dan masuk kembali melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 4," tandas Heru.
 
Artikel Selanjutnya
Libur Idul Adha, Pengendara di Tol Jakarta-Cikampek Melonjak
Artikel Selanjutnya
Arus Balik, Pemudik Lintasi Jabar Capai 1,2 Juta