Sukses

7 Trik Lepas Jeratan Utang Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar lebih dari tiga juta orang Inggris terjebak siklus utang kartu kredit. Mereka tak mampu kembali membayar utangnya.

Mereka terkena bunga terlalu tinggi ditambah biaya keterlambatan. Ini artinya pembayaran bulanan semakin bertambah.

Berikut adalah sejumlah cara untuk menyelesaikan utang terutama kartu kredit seperti dikutip dari laman Mirror, Rabu (19/4/2017):

1. Berhenti habiskan uang

Jika Anda hanya membayar minimal utang kartu kredit per bulan maka utang Anda tidak dapat berkurang. Jika Anda terus menghabiskan dan menciptakan utang, Anda tidak akan pernah bisa menyeimbangkannya.

Jangan membawa kartu kredit di dalam dompet dan di mana pun. Jika kartu kredit tidak ada di dompet dan tempat lainnya yang biasa Anda bawa maka Anda tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak mampu Anda beli.

2. Potong kartu kredit Anda

Jika Anda tidak dapat menghentikan dorongan utang setidaknya sembunyikan kartu itu di tempat yang aksesnya tidak mudah dan bila perlu potong.

3. Mengetahui detil anggaran

Periksa berapa banyak utang dan bunga kartu kredit yang Anda bayar. Mungkin mengejutkan ketika Anda melihat detilnya. Meski bunga kelihatan kecil tetapi kalau tak disiplin bayar bisa membuat Anda terjebak utang.

1 dari 2 halaman

Buat Anggaran

4. Buat anggaran

Buat catatan pemasukan dan pengeluaran anggaran. Dengan cara ini bisa mengurangi pengeluran yang tidak penting atau mengalihkan uang untuk sesuatu lebih baik misalkan bayar tagihan rumah tangga.

Cobalah membuat catatan dari semua uang yang Anda habiskan selama beberapa minggu. Anda akan terkejut uang yang dihabiskan hanya untuk kopi, majalah dan barang lainnya yang tidak penting.

5. Bicara kepada keluarga dan teman Anda

Jangan menyimpan masalah utang untuk diri sendiri. Sulit untuk mengakui kalau Anda sedang berjuang untuk selesaikan utang. Namun bicara dengan keluarga dan teman. Mungkin mereka dapat membantu Anda secara keuangan, dan setidaknya menawarkan dukungan.

6. Bayar utang bunga tinggi terlebih dahulu

Untuk membereskan utang kartu kredit coba pusatkan perhatian pada utang memiliki bunga tinggi terlebih dahulu. Lunasi utang berbunga tinggi tersebut, dan kemudian secara bertahap bereskan utang.

7. Cari bantuan

Jangan hanya berjuang sendirian. Jika Anda tidak dapat kontrol utang, coba minta bantuan segera mungkin. Bila tidak maka itu akan bertambah buruk. Oleh karena itu coba disiplin.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Langkah Kecil Menuju Kesehatan Finansial
Artikel Selanjutnya
Mau Hidup Bebas Utang? Begini 6 Caranya