Sukses

5 Tips Ini Bantu Anda Persiapkan Rencana Bisnis yang Efektif

Liputan6.com, Jakarta - Dalam berbisnis, siapapun pasti ingin sukses, banyak cara yang dilakukan agar usaha yang dirintis meraih keberhasilan. Tapi kesuksesan akan mustahil didapat jika tak memiliki perencanaan bisnis yang baik.

Ya, dalam berbisnis rencana yang dibuat bila dijalankan dengan baik dan sesuai, maka manfaatnya pun akan dirasakan. Namun, perlu diingat untuk membuat satu rencana bisnis pun diperlukan pemikiran, penganggaran, dan penjadwalan yang matang.

Agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan, berikut adalah beberapa tips dan cara yang mungkin membantu Anda dalam melakukan proses perencanaan bisnis seperti dilansir laman lancaster online, Kamis (20/4/2017):

1. Menuliskan ulasan bisnis dengan bahasa yang mudah dipahami

Hal mendasar dalam menuliskan rencana adalah singkat, jelas, padat dan mudah dipahami. Buatlah ulasan bisnis (jasa, produk, dan proses) Anda dengan rinci dalam bahasa yang sederhana dan gampang dimengerti. Sehingga ini akan memudahkan Anda juga dalam menjalankan strategi bisnis yang sudah dirancang sedemikian rupa.

Buatlah dengan detil tujuan Anda membangun bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, bagaimana cara memasarkannya, kepada siapa akan dipasarkan, serta bagaimana struktur, manajemen, strategi operasional dan strategi pemasaran produk Anda?

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan pembuatan format laporan keuangan yang akurat dan mendetail. Laporan keuangan merupakan hal yang sangat vital karena memberi Anda data yang akurat tentang untung dan rugi saat berbisnis. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam menentukan keputusan apakah memperluas usaha atau malah menekan biaya operasional.

2. Terorganisir

Buatlah poin-poin yang efektif dan terorganisir ketika menyampaikan informasi kepada konsumen maupun klien.

Bersiap dengan risiko

3. Bersiap dengan risiko dan hambatan serta strategi menghadapinya

Buatlah daftar hambatan atau resiko yang mungkin terjadi ketika bisnis telah berjalan. Menuliskan hambatan adalah elemen yang sering diabaikan dalam rencana, padahal ini sama pentingnya dengan membuat proyeksi dan ringkasan keuangan.

Setelah menuliskan apa saja faktor penghambat, siapkan strategi dan upaya Anda dalam mengatasi kelemahan tersebut, diskusikan dengan tim bisnis bagaimana cara menghadapinya. Dengan melakukan ini, maka Anda pun akan bisa mengatasi hambatan bisnis yang mungkin terjadi di kemudian hari.

4. Mempunyai dewan penasihat

Dalam berbisnis, dewan direksi berbeda dengan penasihat. Sebaiknya milikilah dewan penasihat atau konsultan bisnis yang paham dengan usaha yang sedang Anda bangun. Hal ini demi menghindari kebingungan saat mendapat masalah.

Penasihat bisnis biasanya akan memberikan masukan dan pendapat yang sangat berguna bagi keberlangsungan dan kesuksesan usaha Anda. Bahkan terkadang mereka juga bisa memberikan ide-ide kreatif dalam mengatasi masalah yang ada.

5. Selalu memikirkan rencana berikutnya

Sebuah bisnis yang maju biasanya selalu membuat rencana-rencana lanjutan demi perkembangan bisnisnya, dan tidak hanya berhenti di satu ide saja.

Setidaknya ada tujuan yang ingin dicapai dengan rencana tersebut baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga dengan cara ini bisnis pun akan bisa terus berjalan dengan baik.​ (Dhita/Gdn)

Artikel Selanjutnya
5 Cara agar Bisnis Online Anda Tak Gulung Tikar
Artikel Selanjutnya
Tips Membangun Bisnis Meski Sambil Bekerja