Sukses

Kota Ini Targetkan Seluruh Gedung Publik Pakai Energi Terbarukan

Liputan6.com, Jakarta Komitmen menggunakan energi terbarukan digaungkan salah satu kota di Amerika Serikat (AS) ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Chicago menargetkan seluruh bangunan publik akan memakai energi terbarukan pada 2025.

Ini diungkapkan Wali Kota Chicago Rahm Emanuel seperti mengutip laman CNBC, Jumat (21/4/2017).

Emanuel dalam keterangannya, bersama beberapa tokoh lain seperti dari Chicago Public Schools, Chicago Housing Authority, Chicago Park District dan City Colleges of Chicago, mengatakan, jika hal ini benar-benar terwujud maka wilayahnya akan menjadi kota besar di Amerika Serikat yang paling banyak memasok energi terbarukan untuk bangunan publik hingga 100 persen.

"Dengan berkomitmen memakai energi angin atau solar sebagai sumber energi pada bangunan publik, kami mengirim sinyal jelas bahwa kami berkomitmen untuk membangun perkonomian abad ke 21 di Chicago," ujar Emanuel, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Gedung Putih untuk Presiden Barack Obama.

Adapun upaya memenuhi komitmen tersebut melalui beberapa cara, seperti membangun pembangkit dan melalui kredit energi terbarukan.

Jack Darin, Presiden Illinois Sierra Club, menyambut baik langkah tersebut. "Langkah berani untuk memasok energi bangunan publik memakai energi terbarukan seperti angin dan matahari, Chicago menjadi selangkah lebih maju dan menunjukan jika kepemimpinan lokal menjadi lebih penting daripada sebelumnya," katanya.

 

Artikel Selanjutnya
Pertama di RI, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Operasi Akhir 2017
Artikel Selanjutnya
Dukung Pengembangan Mobil Listrik, PLN Sediakan 875 SPLU