Sukses

Rahasia Menjadi Kaya dari Orang yang Pernah Bangkrut

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutuskan menjadi miliarder, apapun keinginan Anda dan apapun kondisi finansial Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Grant Cardone, siapa saja bisa menjadi kaya. Grant Cardone merupakan motivator, sales instruktur, dan penulis buku The Millionaire Booklet: How To Get Super Rich asal Amerika.

Tak ketinggalkan, Cardone juga seorang miliarder yang memiliki empat perusahaan dengan penjualan per tahun US$ 100 juta. Namun, siapa sangka dia membangun kekayaannya dari posisi bangkrut.

“Terlepas dari apa pun kondisi ekonomi Anda, di mana Anda tinggal, atau apa pun yang Anda kerjakan, setiap orang sebenarnya bisa kaya,” katanya seperti tertulis dalam The Millionaire Booklet: How To Get Super Rich.

“Realitanya, rahasiaku dalam meraih kekayaan sebenarnya sederhana. Dan Anda pun bisa melakukannya.”

Meskipun tidak ada garansi bahwa Anda bisa sekaya Cardone, tidak ada salahnya mencoba strategi Cardone. 

Dikutip dari CekAja.com, Sabtu (22/4/2017), berikut ini tips untuk menjadi kaya dari orang yang pernah merasakan bangkrut:

Langkah pertama: Komitmen mental

Menjadi kaya dimulai dari pola pikir dengan keyakinan. “Kesalahan terbesar adalah berpikir kalau menjadi kaya merupakan hal yang mustahil,” tulis Cardone.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memutuskan menjadi jutawan, miliarder, triliuner, apa pun keinginan Anda dan apa pun kondisi finansial Anda.

Langkah kedua: Lakukan perhitungan

“Untuk setiap hasil yang ingin dicapai, Anda harus merumuskan strategi realistis untuk mencapainya.”

Misalnya mencari cara agar 5.000 orang mau membeli produk seharga Rp 2 juta, maka Anda akan memiliki Rp 10 miliar. Atau jika 5.000 orang mau membayar Rp 167 ribu selama 12 bulan, maka Anda juga bisa mendapatkan Rp 10 miliar.

Tentu saja ini hanyalah contoh sederhana. “Lakukan perhitungan untuk menciptakan peluang, kemudian buat strategi,” kata Cardone.

Langkah ketiga: Tingkatkan penghasilan

“Setelah Anda melakukan perhitungan dan menyadari kalau menjadi kaya itu sangatlah mungkin, maka langkah selanjutnya adalah fokus dalam memperbanyak dan meningkatkan sumber penghasilan,” kata Cardone. Menurut dia, seorang miliarder paling tidak memiliki tiga sumber penghasilan.

"Sekarang ini ada banyak cara untuk meningkatkan penghasilan. Mulai dari memiliki online shop, menulis blog, menjadi freelance writer, dan lain sebagainya.” Anda juga bisa menyambi jadi agen real estate, guru les, bahkan instruktur mengemudi.

Langkah keempat: Temukan siapa yang memiliki uang Anda dan habiskan waktu dengan mereka

“Buat daftar siapa yang memiliki uang yang Anda inginkan dan temukan cara untuk mendapatkannya. Misalnya dengan memberikan jasa, produk, atau ide.

"Anda tidak harus menghasilkan uang, tapi Anda harus menjalin hubungan dengan orang yang memiliki uang Anda. Kemudian Anda menukarnya dengan yang Anda miliki (kemampuan atau pengetahuan) dengan orang mereka. Orang tersebut bisa berupa konsumen potensial atau investor. (Baca juga: Baru Bekerja, Perlukah Memiliki Kartu Kredit?)

Langkah kelima: Tetap bangkrut

Tak peduli seberapa banyak kekayaan meningkat, tetaplah hidup seakan-akan Anda bangkrut.

“Aku punya kebijakan untuk tidak mengalihkan semua surplus ke rekening lain untuk diinvestasikan.” Cardone menginvestasikan uangnya sebelum membayar keperluannya yang lain. Dengan cara ini dia tidak tergoda untuk menggunakan atau membelanjakan uang yang ada di rekeningnya.

Dengan berpura-pura tetap bangkrut seperti ini, Anda akan lebih termotivasi. “Keadaan seakan bangkrut ini memaksaku untuk terus produktif dalam membangun kekayaan. Dan cara ini terbukti berhasil.”

Sudah siapkah Anda menjadi kaya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.