Sukses

Harga Cabai Merah Keriting Makin Anjlok

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai merah keriting di pasar tradisional di Jakarta terus turun. Sepanjang pekan ini, harga cabai turun hingga Rp 8.000 per kg.

Ambar (37), salah satu perdagang di Pasar Mampang Prapatan, mengatakan pada pekan lalu, harga cabai jenis tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 ribu per kg. Namun pada pekan ini harga cabai terus anjlok.

"(Cabai merah) Yang keriting yang lagi turun terus. Sekarang sudah sampai Rp 22 ribu. Minggu lalu masih Rp 30 ribu, malah Rp 32 ribu kalau yang agak bagus," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Dia menjelaskan, turunnya harga cabai lantaran mulai meningkatnya pasokan cabai ke pasar-pasar tradisional. Sedangkan hujan yang turun dalam beberapa waktu terakhir tidak terlalu berdampak pada sayuran, termasuk cabai keriting ini.

"Kalau turun gini biasanya karena pasokannya banyak. Musim hujan ini juga enggak terlalu pengaruh. Biasanya kan hujan harga naik karena banyak yang rusak," ujar dia.

Jika cabai merah keriting turun, kenaikan harga justru terjadi pada cabai rawit hijau. Sebelumnya cabai jenis ini dibanderol dengan harga Rp 52 ribu-Rp 55 ribu. Namun kini cabai tersebut naik menjadi Rp 60 ribu per kg.

"Rawit hijau malah lagi naik. Kalau yang rawit merah masih sama, sekarang Rp 75 ribu per kg," kata dia.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai merah keriting Rp 22 ribu per kg
- Cabai rawit merah Rp 75 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 40 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 60 ribu per kg
‎- Kentang Rp 14 ribu per kg
- Bawang merah Rp 30 ribu per kg
- Wortel Rp 10 ribu per kg
- Kacang panjang Rp 15 ribu per kg
‎- Kol Rp 8.000 per kg
- Bawang putih Rp 42 ribu pe‎r kg‎
- Tomat Rp 12 ribu per kg.

Artikel Selanjutnya
Jelang Idul Adha, Harga Pangan Terpantau Stabil
Artikel Selanjutnya
Jelang Akhir Pekan, Harga Sayuran Terpantau Stabil