Sukses

Makna Hari Kartini Buat Menteri Susi

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kartini bagi seorang Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memiliki makna mendalam. Dia menekankan wanita mampu berkarya lebih baik dibanding laki-laki. Gender bukanlah sebuah persoalan guna memajukan bangsa Indonesia.

"Selamat Hari Kartini buat perempuan di seluruh Indonesia," ucap Susi membuka Konferensi Pers di kediamannya, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Melalui Hari Kartini, kata Susi, seluruh masyarakat Indonesia diingatkan kembali untuk terus memperjuangkan persamaan antara laki-laki dan perempuan. "Kami bisa memajukan bangsa, berpartisipasi tanpa ada lagi persoalan gender, diskriminasi terhadap wanita," ujar dia.

Susi Pudjiastuti menuturkan, kemandirian sangat penting bagi seorang wanita. Menjadi seorang figur yang kuat dan bijaksana dalam membangun dan mendirik buah hati, berkarir dan berkarya dalam bidang apapun guna memajukan bangsa dan negaranya.

"Pesan saya, wanita jangan berpikir saya perempuan. Selalu berpikir sama seperti kawan laki-laki. Dia bisa, saya juga bisa. Kalau kalian selalu berpikir perempuan tidak boleh ini itu, tidak sekuat laki-laki, namanya sudah diskriminasi sendiri," kata Susi.

"Wanita minta diistimewakan, berarti jangan minta emansipasi. Setop berpikir seperti itu. Mau perempuan atau laki-laki tidak masalah berkarya, karena biasanya wanita lebih bagus daripada laki-laki dari common sense dan kebijakan. Jadi gender tidak berpengaruh," tambah dia.

 

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Liza Elly, Putri Indonesia 2011 Cermin Emansipasi Perempuan
Artikel Selanjutnya
Tara Basro: Perempuan Adalah Agen Perubahan