Sukses

10 Cara Sederhana Buat Bikin Hidup Kamu Makin Hemat

Berhemat ternyata bisa diterapkan melalui cara yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup hemat merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjaga keuangan kita. Dengan berhemat kita akan memiliki tabungan lebih yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak, kita juga memiliki dana cadangan untuk rencana masa depan ataupun modal wirausaha.

Berhemat ternyata bisa diterapkan melalui cara yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini caranya seperti dikutip dari Tunaiku:

1. Memasak sendiri

Memasak makanan sendiri tentu lebih menghemat pengeluaran dibandingkan membeli makanan dari luar yang mahal. Dengan memasak kita memang harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra, namun melihat nilai gizi yang lebih baik dan jumlah uang yang bisa dihemat, metode ini patut dicoba.

2. Berbelanja di pasar tradisional

Berbelanja di pasar tradisional memiliki beberapa kelebihan diantaranya barang yang dijual lebih beragam dan masih dalam kondisi segar, harga barang yang dijajakan juga bisa ditawar.

Sebelum berbelanja sebaiknya membuat daftar belanjaan yang dilengkapi dengan jumlah uang maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang. Hal ini akan menghindari pembelian barang yang tak diperlukan.  

3. Bawa bekal makanan

Membawa bekal sendiri dari rumah dapat juga diterapkan untuk menghemat uang. Tempat makan di area perkantoran biasanya menawarkan makanan dengan harga yang cukup mahal. Jika Anda tidak sempat masak pada pagi hari, membeli makanan dari warteg dekat rumah atau kos bisa dijadikan solusi.

Hemat listrik


4. Kurangi pemakaian listrik

Cara simple buat hidup sederhana yang bisa bikin kamu makin hemat adalah dengan mengurangi pemakaian listrik. Mematikan lampu jika tidak digunakan. Anda juga dianjurkan untuk mengganti  bohlam lampu rumah dengan bohlam lampu hemat energi.

Colokan listrik apapun, tetap bisa menyedot listrik bahkan ketika sedang tidak digunakan. Oleh karenanya segera cabut colokan apapun kalau sudah tidak dipakai.

 5. Jangan meremehkan uang receh

Tabunglah uang receh dari setiap kembalian belanja ke dalam celengan. Jika sudah terkumpul banyak uang receh tersebut dapat ditukar dengan uang kertas. Anda bisa menyimpannya sebagai bentuk investasi atau tabungan.

6. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan juga termasuk cara sederhana untuk berhemat karena jika sakit, kita akan mengeluarkan biaya berobat yang cukup besar.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan makan secara teratur, memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi, perbanyak olah raga, makan buah serta memperbanyak minum air putih.

Batasi akses hiburan



7. Batasi akses hiburan

Setiap orang tentu membutuhkan hiburan untuk mengurangi kepenatan pikiran karena kesibukan sehari-hari. Refreshing tidak harus selalu mahal, kamu tidak perlu ke mal hanya untuk menonton bioskop.

Cukup sewa atau pinjam DVD dari teman untuk memuaskan hobi menonton di rumah. Jika kamu hobi membaca majalah, buku atau novel, kamu bisa membaca versi online atau ebook-nya.

8. Memanfaatkan fasilitas gratis

Jika ada fasilitas gratis di sekitar kamu, manfaatkanlah hal tersebut untuk berhemat. Jika kamu hobi membaca buku, kamu dapat melakukannya di perpustakaan daripada membeli. Jika ingin men-download sesuatu, gunakanlah wifi gratisan di tempat-tempat umum.

Gunakan kartu prabayar



9. Gunakan kartu prabayar untuk telepon seluler dan internet

Hindari menggunakan kartu pascabayar untuk smartphone dan koneksi internet. Hal ini untuk mencegah tagihan pulsa yang meledak karena penggunaan yang berlebih. Karena tarif pulsa operator lebih mahal untuk menelepon, gunakanlah aplikasi seperti LINE atau WhatsApp untuk chatting dan menelepon.

10. Jalan kaki, bersepeda, atau gunakan transportasi umum

Memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil memang lebih memudahkan kita untuk pergi kemanapun, namun kita juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bensin dan perawatannya.

Kurangilah penggunaan kendaraan pribadi jika jarak yang dituju cukup dekat dan beralih ke transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki. Selain lebih hemat, kamu akan lebih sehat serta ikut andil mengurangi polusi dan kemacetan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.