Sukses

Daftar Ruas Tol yang Bakal Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ruas tol akan dibuka secara gratis saat mudik lebaran 2017. Ruas tersebut merupakan bagian dari jalan tol yang masih dalam proses pengerjaan namun akan dibuka secara fungsional atau tanpa dikenakan tarif.

Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Herry Triputra Zuna mengatakan, untuk wilayah Jawa, ruas tol yang akan buka secara fungsional yaitu tol Batang-Semarang pada ruas Batang hingga Ngaliyan.‎

"Yang fungsional tol Semarang yang sampai Ngaliyan fungsional," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (22/4/2017).

Sementara untuk di luar Jawa, setidaknya ada 3 jalan ton yang akan dibuka secara fungsional, yaitu ruas tol Palembang-Indrakaya untuk seksi I. Kemudian tol Medan-Binjai seksi 1-seksi 3 serta Medan-Kualanamu-Tebing Tingga sekai 2-seksi 6.

‎"Di luar Jawa, Palembang-Indralaya seksi I, Medan-Binjai seksi 1, 2, 3 dam Medan-Kualanamu-Tebing tinggi seksi2-seksi 6," kata dia.

Tol-tol tersebut saat ini masih dalam proses pengerjaan. Namun jika musim mudik Lebaran telah lewat, maka ruas-ruas tol tersebut akan kembali ditutup untuk melanjutkan pengerjaan.

"Itu sudah fungsional. Digunakan tapi belum dikenakan tarif, karena belum (rampung). Akan ditutup lagi untuk dilanjutkan lagi pengerjaannya," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.