Sukses

Mengupas 4 Jenis Persalinan dan Biaya yang Dikeluarkan

Berikut jenis-jenis persalinan dan perkiraan biaya yang dikeluarkan khusus untuk Anda yang sedang menanti kedatangan si kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 7 Januari 2017, penyanyi Andien Aisyah baru saja melahirkan putra pertamanya yang bernama Kawa. Kamu yang mengikuti akun Instagram penyanyi jazz ini, tentu tahu bahwa Andien melalui proses melahirkan yang dikenal dengan metode water birth.

Buat Anda yang sedang sebentar lagi siap menyambut si kecil, apakah terpikir untuk menjalani proses yang sama?

Dikutip dari Tunaiku, Kamis (27/4/2017), berikut jenis-jenis  persalinan dan perkiraan biaya yang dikeluarkan, khusus untuk Anda yang sedang menanti kedatangan si kecil.
 
Persalinan normal di klinik atau rumah sakit

Secara keseluruhan, proses persalinan normal memakan waktu yang cukup lama, antara 10–20 jam. Hal ini karena proses kontraksi dan "kesiapan" sang bayi untuk menyapa dunia berbeda-beda untuk setiap ibu.

Apabila Anda menjalani proses persalinan di institusi kesehatan, tentu akses atas tenaga kesehatan terjamin dan peralatan medis yang memadai juga tersedia.

Mengenai biaya, tentu saja akan bervariasi. Namun, umumnya persalinan normal di klinik bidan akan memakan biaya sebesar Rp 1 juta-Rp 3 juta. Sedangkan di rumah sakit, biasanya bisa mencapai Rp 5 juta-Rp 30 juta, tergantung kelas dan fasilitas.

Melahirkan di rumah dengan bidan

Untuk kamu yang lebih senang dikelilingi orang-orang terdekat saat menjalani proses persalinan, bisa mempertimbangkan untuk melahirkan di rumah saja, tapi tetap dengan bantuan bidan.

Jika selama masa kehamilan kamu tergolong sehat dan kuat, melahirkan di rumah sama amannya dengan rumah sakit. Sebelumnya, pastikan bidan yang mendampingimu memang bersertifikasi, ya.

Jadi, selama proses persalinan, sang bidan akan siaga memantau denyut nadi, suhu tubuh, tekanan darah, dan detak jantung si kecil. Selain itu, sebagai upaya preventif, enggak ada salahnya juga memastikan bahwa akses ke rumah sakit juga memadai. Perkiraan biaya untuk pilihan satu ini kira-kira sebesar Rp 1 juta-Rp 3 juta.



 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persalinan caesar


Persalinan caesar

Secara sederhana, persalinan caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan perut sang ibu. Umumnya proses ini dipilih oleh calon ibu yang takut merasa sakit atau sengaja ingin melahirkan pada tanggal-tanggal tertentu.

Walaupun terlihat lebih mudah dan simpel, caesar tetaplah prosedur operasi yang berisiko. Makanya, dokter hanya akan menyarakan caesar apabila kondisi ibu dan janin tidak memungkinkan untuk persalinan normal.

Lagipula, proses kelahiran caesar cukup tinggi lo. Berkisar antara Rp 11 juta-Rp 30 juta, tergantung rumah sakit dan kelas yang dipilih. Hmmm…besar juga, ya.

Gentle birth  

Sesuai dengan namanya, gentle birth merupakan persalinan alami yang menekankan proses kelahiran yang tenang dan rileks. Metode satu ini sangat mengandalkan kekuatan fisik dan emosional sang Ibu.

Karena cenderung privat, metode gentle birth umumnya dilakukan di rumah atau klinik bersalin dengan bantuan bidan berpengalaman. Untuk prosedurnya, gentle birth yang direkomendasikan oleh ahli medis adalah water birth dan hypno birth.

Metode water birth, misalnya, adalah metode di mana sang ibu duduk, jongkok, atau berada dalam posisi yang nyaman untuk mengejan di dalam air. Metode ini dipercaya dapat mengurangi rasa sakit karena air hangat yang digunakan bisa meringankan sakit perut atau nyeri punggung.

Di balik manfaatnya, seperti relaksasi dan nuansa yang terasa lebih sakral, metode water birth juga masih menyimpan risiko dan dilarang bagi mereka dengan kondisi tertentu.  

Jadi, sebelum memilih metode ini, konsultasikan dulu dengan doktermu dan pastikan untuk selektif saat memilih institusi pendamping persalinanmu. Untuk prosedur gentle birth, biayanya berkisar antara Rp 7 juta-Rp 15 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.