Sukses

Pelni Operasikan Gerai Rumah Kita Pertama di Timika

Kehadiran gerai Rumah Kita di Timika, Papua, diharapkan dapat menurunkan harga bahan pokok di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau dikenal dengan Pelni melalui anak perusahaan PT Sarana Bandar Nasional (SBN) telah mengoperasikan Rumah Kita di Timika, Papua, untuk menurunkan harga bahan pokok di wilayah tersebut.

Manager PR dan CSR PT Pelni, Akhmad Sujadi, mengatakan, Rumah Kita merupakan implementasi konsep dan tindak lanjut tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo. Rumah Kita di Timika merupakan gerai pertama dari 40 yang direncanakan Kementerian Perhubungan.

‎"Rumah Kita merupakan ide Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dengan menyinergikan BUMN, PT Pelni, Pelindo, RNI, Bulog, PPI dan lainnya untuk bersama-sama membantu menurunkan harga di rute tol laut," kata ‎Akhmad, di Jakarta, Senin (24/4/2017).

‎Akhmad melanjutkan, dari target pembangunan 40 Rumah Kita di seluruh Indonesia, Pelni mendapat penugasan di empat daerah, yaitu Timika, Manokwari, Morotai, dan Saumlaki.

Pelni Logistics, kepanjangan tangan dari PT Pelni, sebagai pengelola gerai Rumah Kita di Timika telah berusaha untuk mendesain gerai Rumah Kita, agar dapat melayani kebutuhan masyarakat baik yang berbelanja secara retail (eceran), maupun secara grosir.

Gerai Rumah Kita Timika ini juga akan berfungsi sebagai sentra distribusi untuk memasok barang kebutuhan masyarakat ke wilayah Wamena.

"Gerai Timika menjadi gerai pertama yang dioperasikan dari 40 yang direncanakan. Pelni menjadi pelopor pembangunan Rumah Kita," terang ‎Akhmad.

Berbagai kebutuhan masyarakat, akan disediakan mulai dari bahan pokok, beras, ayam, tepung, sabun, shampo bahkan sampai kebutuhan kebutuhan bahan penting untuk  pembangunan seperti  semen akan  disiapkan.

"Rencananya dalam waktu dekat Rumah Kita Timika akan mulai memasok semen serta sembako ke wilayah Wamena. Agar target itu sesuai jadwal, Pelni Logistic terus dipersiapkan untuk melayani kebutuhan masyarakat dengan lebih baik lagi," paparnya.

Gerai Rumah Kita di Timika akan melayani  daerah sekitarnya di antaranya Wamena, Yakuhimo, Agats dan sekitarnya, dengan begitu diharapkan  dapat  menciptakan keseimbangan harga yang lebih baik, antara wilayah Barat dan wilayah Timur Indonesia.

“Disparitas harga, disparitas sosial dan ekonomi, mudah-mudahan secara bertahap dapat mulai dikurangi dengan kehadiran program Rumah Kita ini," harap Sujadi.
 
Setelah Timika, Pelni Logistics juga sedang mempersiapkan untuk membangun gerai Rumah Kita di Saumlaki bekerjasama dengan  BUMD Saumlaki, Pelni Logistics akan membangun Rumah Kita di area Pasar Omele Saumlaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.