Sukses

Intip Tips Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Menghadapi hari pertama di tempat kerja selalu menjadi hal yang mendebarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Terlalu nyaman di tempat kerja sebelumnya membuat Anda kesulitan untuk beradaptasi di tempat yang baru.

Hal ini mungkin dirasakan sebagian orang, tak terkecuali Anda. Menghadapi hari pertama di tempat kerja selalu menjadi momok yang mendebarkan.

Akan tetapi tak perlu khawatir kalau lima hal berikut bisa Anda lakukan, hari pertama dan seterusnya akan menjadi milik Anda, seperti dikutip dari laman Karir.com, yang ditulis Selasa (25/4/2017):


1. Cari tahu tentang perusahaan sedetil mungkin

Sebelum mulai bekerja di tempat yang baru, ada baiknya mencari tahu sedetail mungkin tentang perusahaan tersebut. Perdalam visi misinya dan kaitkan dengan visi misi Anda agar selalu termotivasi untuk sukses. Selain dari website, Anda juga bisa mencari tahu dari senior yang telah lama bekerja di sana.

2. Ingat nama rekan kerja saat perkenalan

Sebagai karyawan baru, Anda pasti akan dikenalkan kepada rekan kerja oleh Human Resources Department (HRD). Selama diperkenalkan ada baiknya Anda mengingat nama-nama tersebut, dan mulai menegurnya di hari lain.

Tak perlu langsung menyapa jika Anda masih malu, lontarkan senyum sudah cukup membuktikan Anda adalah orang yang ramah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjalin Kekerabatan


3. Menjalin kekerabatan

Mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial? Karena manusia tak dapat hidup sendirian. Nah, untuk Anda yang menginginkan kenyamanan di lingkungan kerja baru bisa mencoba menjalin kekerabatan. Bagaimana caranya? Anda bisa memulai obrolan ringan atau sekadar menawarkan makan siang bersama.

4. Menjaga sopan santun

Bersikap sopan santun di kantor juga dapat memudahkan proses beradaptasi. Karena penilaian pertama akan terlihat dari sikap yang Anda bawakan. Kesan pertama inilah yang akan membantu Anda untuk mudah berbaur dengan karyawan lainnya.

5. Inisiatif dan kreatif

Dari keempat hal di atas, inisiatif dan kreatif juga tak boleh dianggap sepele karena biasanya Anda akan menemui permasalahan yang berbeda dengan tempat kerja Anda yang lama.

Sebaiknya, Anda bisa menjadi solusi dengan menawarkan ide-ide kreatif yang dapat menjadi pemecahan sebuah masalah. Dengan begitu, rekan-rekan di kantor Anda akan lebih mudah mengenali siapa diri Anda.

Nah, kalau Anda sudah bisa melakukan kelima hal di atas, pertanda Anda sudah siap menyambut hari di kantor baru.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.