Sukses

Kreativitas Adalah Kunci Awet Muda, Benarkah?

Kreativitas bukan sesuatu bersifat bawaan, tetapi sesuatu yang diciptakan dan kembangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Yoris Sebastian, pengarang buku Oh My Goodness menuliskan dalam bukunya bagaimana melatih kebiasaan kreatif, salah satunya dengan melakukan hal berbeda setiap harinya.

Seperti yang kita tahu, kreativitas bukanlah sesuatu yang bersifat bawaan, tetapi sesuatu yang kita ciptakan dan kembangkan.

Nah, dengan melakukan kebiasaan kreatif, kita akan terus menciptakan sesuatu di luar nalar yang menjadikan kita merasa lebih muda. Benarkah? Bagaimana caranya? Simak ulasannya, seperti dikutip dari laman Karir.com, Selasa (25/4/2017):

1. Perbanyak bergaul dengan anak mudaMengapa harus bergaul dengan anak muda? Tak dipungkiri, bergaul dengan anak muda bisa membuat pikiran selalu fresh.

Perbedaan umur dan tingkat kerja akan memancing banyak inspirasi, misalnya: kita jadi lebih tahu tentang keinginan dan kesukaan generasi muda saat ini. Bagi yang berkecimpung di industri kreatif hal ini mungkin sudah menjadi rahasia umum.

2. Banyak bertanyaPepatah mengatakan, “malu bertanya sesat di jalan”, mengapa demikian? Karena dengan bertambahnya usia terkadang kita melupakan hal-hal kecil sepeti bertanya. Padahal, bertanya bisa menimbulkan pemikiran dan pencerahan yang mungkin belum kita tahu sebelumnya.

Hadiri Pameran

3. Cukupi diri dengan olahragaIni dia! Olahraga seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang yang menganggap dirinya terlalu sibuk sehingga tak bisa menyisihkan sedikit waktunya untuk menyehatkan diri. Anda  salah satunya? Jika iya, mulailah cukupkan diri dengan berolahraga, tak perlu dilakukan setiap hari, seminggu 3 kali pun sudah cukup.

4. Up-to-dateSelain tubuh, otak manusia juga perlu menerima asupan setiap hari agar fungsinya tetap berjalan dengan seimbang.

Jika otak kiri kerap digunakan untuk mencerna sesuatu yang serius, cobalah gunakan otak kanan yang terkenal unggul dalam hal kreativitas. Mencari tahu informasi terkini, baik dari media cetak, media online, ataupun dari percakapan ringan bersama teman bisa menjadi solusinya.

5. Hadiri pameran atau seminarTanpa disadari, ketika menghadiri pameran atau seminar, tubuh dan otak kita sedang menyerap energi positif sekalipun itu bukan seminar tentang motivasi. Selain energi positif, kita juga bisa mendapat hal lain seperti antara lain kenalan baru, topik obrolan baru, dan pastinya ide-ide kreatif yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini