Sukses

5 Keuntungan yang Cuma Bisa Dirasakan Pengusaha

Banyak orang memilih pengusaha adalah karena banyak keuntungan yang menjanjikan ketimbang hanya sebagai karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha memang bukanlah hal yang mudah. Ada juga kekurangan yang perlu kita hadapi sebagai seorang pengusaha. Namun, pengusaha menjadi pilihan sebagian besar orang dibandingkan harus bekerja di kantoran sebagai seorang karyawan.

Salah satu alasan mereka memilih pengusaha adalah karena banyak keuntungan yang menjanjikan ketimbang hanya sebagai karyawan.

Berikut ini adalah keuntungan menjadi entrepreneur yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Melakukan Apa yang Disukai dalam Pekerjaan

Sebagian besar entrepreneur sukses karena mereka berhasil menentukan jenis bisnis yang sesuai dengan minat mereka. Selama menjalankan bisnis, mereka melakukan avocation (hobi) sekaligus mengerjakan vocation (work).

Harvey McKay mengatakan, “temukanlah pekerjaan yang Anda cintai, maka Anda tidak perlu bekerja seharipun dalam hidup Anda.”

Mereka para entrepreneur mewujudkan hal ini, yaitu mengerjakan apa yang menjadi kegemaran mereka. Alhasil mereka pun sangat menikmati usaha tersebut karena bagi mereka bekerja juga seperti bersenang-senang.

2. Meraih Potensi Penuh Diri

Tidak sedikit orang yang bekerja di suatu perusahaan mengerjakan tugas yang dibebankan kepadanya secara terpaksa. Pekerjaan itu dianggap sebagai rutinitas karena yang mereka kerjakan adalah hal biasa saja sesuai deskripsi pekerjaannya sehingga rasa bosan pun kerap menghampiri mereka karena pekerjaannya tidak menarik.

Jika sudah bosan maka orang tersebut tentu tidak bersemangat dan antusiasme tinggi dalam bekerja sehingga hasil yang didapat tidak akan optimal. Lain halnya dengan entrepreneur yang beranggapan bahwa bekerja sama asyiknya seperti bermain.

Bidang pekerjaan yang dijalani merupakan wahana mereka untuk berkreasi, mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri. Semangat dan rasa antuasiasme seseorang yang semakin tinggi akan meningkatkan kreativitas yang dimilikinya.

Tim Mc. Donald yang mulai berbisnis sendiri sejak usia 31 tahun pernah berkata, “saya ingin berada pada situasi dimana perkembangan bisnis saya hanya dibatasi oleh bakat dan daya upaya yang saya miliki."

Peluang jadi miliarder

3. Menentukan Sendiri Keuntungan dan Penghasilan yang Ingin Diraih

Salah satu yang menjadi motivasi seseorang untuk berbisnis adalah uang. Akan tetapi, sebagian entrepreneur tidak menjadikan uang sebagai tujuan utama mereka dalam berbisnis. Ada banyak entrepreneur yang tidak pernah menjadi super kaya, namun mereka sangat pantas disebut “cukup kaya”.

Menurut majalah Forbes, 75 persen dari 400 orang Amerika yang masuk dalam daftar orang terkaya, adalah mereka dikenal sebagai entrepreneur. Thomas Stanley dan William Danko mengatakan bahwa para pemilik self-employed business termasuk diantara 2/3 dari milyuner di Amerika Serikat.

Kesempatan lebih besar menjadi milyuner dapat diraih oleh mereka para entrepreneur, dibandingkan dengan mereka yang bekerja untuk orang lain.

4. Melatih Mental Baja dan Jiwa Seorang Pemimpin

Saat ini negara kita membutuhkan para pemimpin yang tepat. Pemimpin yang dapat bekerja secara nyata dan mengemban amanah dengan baik. Menjadi seorang enterpreneur berarti menjadi pimpinan untuk usahanya sendiri. Selama memimpin bidang usaha tersebut, tentu akan ada banyak hal yang bisa kita pelajari.

Sederhananya tentang bagaimana memanajemen usaha, mengorganisasikan suatu pekerjaan dan pekerja, dan menyelesaikan permasalahan selama menjalani bisnis.

Bekal yang telah kita peroleh dari menjadi pemimpin dalam bisnis kita sendiri, dapat membawa kita ke jalan yang lebih besar. Perlu Anda ketahui bahwa banyak pemimpin negara yang berasal atau pernah menjadi entrepreneur yang sukses.

 

Membuat perubahan

5. Menciptakan Perubahan Baru

Pada dasarnya menjadi enterpreneur merupakan jalan untuk menciptakan perubahan baru. Misalnya saja yang dilakukan oleh Nadim Makarim selaku Founder GO-JEK, melalui aplikasi yang dia buat dan bisnis yang telah dijalaninya tersebut telah membawa perubahan besar.

Di mana sekarang di beberapa wilayah di Indonesia, bagi mereka yang membutuhkan jasa ojek dimanapun tidak perlu pergi ke pangkalan ojek terlebih dahulu, namun cukup dengan memesan lewat online. Harga yang tercantum juga lebih jelas sehingga calon penumpang bisa menyiapkan uang pembayarannya terlebih dahulu.

Cara tersebut dinilai lebih praktis dan mengefisiensikan waktu kedua pihak, baik tukang ojek maupun calon penumpang.

Pilihan Tepat Jadi enterpreneur

Jika Anda memutuskan untuk menjadi enterpreneur, maka itu merupakan hal yang tepat asalkan Anda sudah merancang setiap detail usaha yang akan dijalani secara matang. Berbagai keuntungan di atas bahkan lebih dari itu dapat Anda dapatkan.

Namun, Anda juga harus selalu waspada bahwa menjadi enterpreneur pun memiliki potensi untuk mengalami kerugian. Paling tidak setelah mengetahui keuntungannya, bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk tetap bersemangat agar dapat menjadi seorang enterpreneur yang sukses

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.