Sukses

Ini Rute Internasional Pertama yang Terbang dari Terminal 3

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan mulai melayani penerbangan internasional pada 1 Mei 2017

Liputan6.com, Jakarta Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan melayani perdana penerbangan internasional rute Jakarta-Singapura oleh Garuda Indonesia GA 824 yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB.

Seluruh penumpang GA 824 dapat langsung menuju Terminal 3 untuk memproses keberangkatan minimal 2 jam sebelum jadwal penerbangan tersebut.

"Dibukanya Terminal 3 untuk lnternasional ini, dengan fasilitas modern yang ada di dalamnya, tentunya diharapkan dapat membuat Bandara Soekarno-Hatta semakin membantu pertumbuhan perekonomian dan perkembangan industri pariwisata Indonesia,” jelas ‎Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura ll (Persero) Djoko Murjatmodjo dalam keterangannya, Selasa (25/4/2017).

‎Dia menjelaskan, penerbangan itu sekaligus menandakan perpindahan seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 mulai 1 Mei 2017 dari sebelumnya di Terminal 2. Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan sedikitnya 17 penerbangan internasional langsung atau direct dari Bandara Soekarno-Hatta ke sejumlah negara di Asia, Australia, dan Eropa.

Dapat diinformasikan bahwa area keberangkatan Terminal 3 lnternasional dapat dijangkau oleh penumpang pesawat melalui Gate 1 dan Gate 2 untuk kemudian memproses keberangkatan di konter check-in island A dan B.

‎"Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yakni Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional," ujar Djoko.

Terminal 3 lnternasional juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti layar flight information display system dengan teknologi paling modern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat 30 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini