Sukses

Biayai LRT, Bank Mandiri Ingin Tawarkan Bunga 8 Persen

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) berkomitmen membiayai proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi). Namun, Bank Mandiri belum memutuskan besaran kucuran dana beserta bunga yang diberikan.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar berharap, bunga pinjaman tersebut sekitar 8 persen.

"Patokannya kredit kepada pemerintah, obligasi pemerintah berapa sih 10 tahun? Kurang lebih di situ levelnya. Kalau SUN 10 tahun level yieldnya sekitar 8,25 persen wajar-wajarnya kurang lebih sama. Itu dijamin pemerintah kurang lebih begitu ekspektasi di level itu," jelas dia di Kantor Pusat Bank Mandiri Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Royke mengatakan, perusahaan pelat merah rata-rata akan terlibat dalam proyek tersebut. Lantaran, LRT merupakan program pemerintah.

"Rata-rata Bank BUMN pasti ambil karena program pemerintah dan saya yakin cuma memang tergantung bunganya," ungkap dia.

Dia bilang, kucuran dana tersebut tak akan memberatkan kinerja Bank Mandiri. Lantaran, banyak pihak yang masuk dalam program itu. Kemudian, kucuran yang diberikan pun bertahap.

"Dan menariknya nggak sekaligus proyeknya 4 tahun, pakainya Rp 1 triliun-Rp 2 triliun. Pembangunan tidak sekaligus," ujar dia.

Royke menuturkan, porsi pinjaman ini menunggu keputusan dari pemerintah. "Masih menunggu Perpres, masih nunggu keputusan pemerintah skemanya sudah. Kan melibatkan banyak instansi, ada Perhubungan, ada Kemenko, BUMN, banyak sekali, Keuangan. Bagaimana penjaminan seperti apa," jelas dia.

Sebagai informasi, komitmen Bank Mandiri untuk membiayai proyek infrastruktur sebesar Rp 202,8 triliun. Komitmen tersebut terdiri dari sektor jalan, transportasi, migas dan energi terbarukan, tenaga listrik, telematika, perumahan rakyat dan fasilitas kota, serta kontruksi. Sementara, pembiayaan yang sudah disalurkan (outsanding) mencapai Rp 118,7 triliun.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Mandiri merupakan salah satu bank ternama di Indonesia.

    Bank Mandiri

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT