Sukses

Yogyakarta dan Jakarta Jadi Provinsi dengan Perencanaan Terbaik

DKI Jakarta menerima dua penghargaan sekaligus dalam Anugerah Pangripta Nusantara ini.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menobatkan Yogyakarta dan DKI Jakarta menjadi dua provinsi dengan perencanaan terbaik. Penghargaan ini diberikan terkait Anugerah Pangripta Nusantara 2017. 

Bahkan, DKI Jakarta menerima dua penghargaan sekaligus dalam Anugerah Pangripta Nusantara ini. Selain Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik, Jakarta juga masuk Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik.

Penghargaan itu diberikan untuk mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan.

"Semoga prestasi ini dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing," kata Menteri PPN/bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Musrembangnas 2017 di Jakarta, Rabu (26/5/2017).

Penentuan pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 ditentukan tim penilai yang terdiri dari Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis. Tim tersebut melakukan seleksi melalui tiga tahap.

Pertama, penilaian dokumen oleh Tim Penilai Teknis yang beranggotakan Perencana Muda sampai Perencana Madya ataupun Pejabat Eselon III Kementerian PPN/Bappenas.

Kedua, penilaian proses perencanaan oleh Tim Penilai Utama yakni Pejabat Eselon II Kementerian PPN/Bappenas dan Tim Penilai Independen.

Ketiga, verifikasi dokumen dan data perencanaan oleh Tim Penilai Independen yang beranggotakan para ahli di berbagai bidang penting yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan nasional.

Berikut daftar pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017:

Kategori Provinsi dengan Perencanaan Terbaik

Terbaik I Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Terbaik II Provinsi DKI Jakarta
Terbaik III Provinsi Sumatera Selatan
Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik
Terbaik I Kabupaten Tabanan
Terbaik II Kabupaten Ende
Terbaik III Kabupaten Sigi

Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik

Terbaik I Kota Batu
Terbaik II Kota Pekalongan
Terbaik III Kota Tanjung Pinang

Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan yakni DKI Jakarta
Kategori Kabupaten/Kota dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan Kabupaten Muara Enim
Kategori Provinsi dengan Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan Provinsi Sulawesi Tengah

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.